Ke Luar Negeri sebagai Au Pair





Okeee... Jadi saya tau pasti banyak dari kalian yang ragu-ragu pengen Au Pair karena uang terbatas. Sama kayak saya dijaman dahulu kala waktu kepikiran pengen au pair tapi uang cekak he he... Jadiii... dulu saya mendapatkan informasi tentang au pair ini tu dari kampus yang di tempel di papan buletin board. Informasinya lengkap dari bagaimana cara daftarnya sampai berapa biayanya. Waktu itu biayanya 10 juta rupiah. Jumlah yang sangat banyak untuk saya yang buat part time supaya bisa bayar UKT. Tapi kalau dipikir-pikir sekarang jumlah itu murah lho, soalnya dengan 10 juta itu kita sudah sampai ke Belanda. Karena biayanya mahal jadi saya mengurungkan niat saya untuk apply. Tapi ternyata ada teman saya yang ikut. Nah beberapa tahun kemudian waktu saya sudah kerja, saya lihat di facebook kalau teman saya ini sudah di Belanda. Nah baru deh saya tertarik, karena ternyata Au Pair itu nggak bohongan.

Jadi untuk yang ingin daftar Au Pair kalian bisa cari agency yang ada di Indonesia atau langsung cari agency yang ada di negara masing-masing yang kalian inginkan. Atau bisa cari host family secara mandiri lewat situs-situs online. Situs online Au Pair yang paling terkenal namanya Au Pair World. Kalian bisa daftar Au Pair secara mandiri ke negara manapun yang punya peraturan legal tentang per Au Pairan dengan membuat akun di website ini. Baca peraturannya baik-baik ya karena setiap negara berbeda peraturannya. Contohnya di Belanda yang mau daftar menjadi Au Pair tidak perlu apply visa kerja, sementara di Belgia butuh visa kerja. Di Belanda tidak perlu bisa bahasa Belanda, sementara di Jerman kalian harus bisa berbahasa Jerman dengan menunjukan sertifikat resmi kalau kalian bisa berbahasa Jerman dengan level tertentu. Biaya visa pun berbeda tiap negara. 

Jika kalian apply lewat agency tentu kalian harus membayar biaya fee agency karena mereka sudah membantu kalian mencarikan host family yang sudah terverifikasi. Jika kalian mendaftar lewat Au Pair World kalian sendiri yang harus mencari tau apakah keluarga tersebut bisa dipercaya atau tidak. Tapi tidak perlu membayar fee agency. Kalian juga harus mencari tau apakah host family mau mengurus via kalian atau kalian harus mengurus visa secara mandiri. Jika kalian mendaftar lewat agency, ada agency yang meminta host family untuk membayar tiket pesawat anak-anak Au Pair yang mendaftar lewat mereka, tapi ada juga yang mengharuskan anak-anak Au Pairnya untuk membayar tiket sendiri. Lewat Au Pair Worldpun sama saja ada keluarga yang mau membayarkan tiketnya (padahal nggak harus), tapi ada yang diminta untuk membayar tiketnya sediri atau ada yang separo-separo. Itu tergantung host familynya ya, jangan disamaratakan. 

Tapi untuk yang ingin bisa keluar negeri dan menikmati pengalaman bisa tinggal setahun dan ketemu banyak orang baru, bisa jalan-jalan ke tempat-tempat baru yang tadinya cuma bisa kita lihat dari layar handphone, jadi Au Pair itu wort it banget. Terutama kalau kalian bisa dapat keluarga yang baik. Saya bisa cerita begini karena sayapun dapat keluarga yang amat sangat baik.Yang bahkan sampai hari ini masih tetap berhubungan baik. Jadi mudah-mudahan kalianpun bisa mendapatkan keluarga yang baik, supaya bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat menjadi Au Pair. Selalu ingat dimanapun kita berada sikap mental kita akan membantu kita membuat pengalaman kita  menyenangkan. Jadi mari kita belajar punya sikap mental yang baik.

Popular Posts