Put First Think First or Think First Think, Duh Ga Paham

Sudah satu bulan lebih seminggu saya di Belanda. Saya sudah mulai betah disini, sudah bisa kemana-mana dengan transportasi umum dan sepeda. Saya juga mulai menyukai makanannya yang saya pikir cuma snack doang itu. Lama-lama saya ngerasa nafsu makan saya bertambah banyak selama disini. Dan saya dapat semua yang saya mau. Waktu saya pengen makan masakan Indonesia, opi omi bawa makanan Indonesia, atau Hoo Koen beli Chinese Food buat makan malam, waktu saya pengen makan pizza eh Hoo Koen bikin pizza, waktu saya pengen sate Hoo Koen bikinin sate. Ahhh nikmatnya dunia. Yang tadinya waktu awal-awal saya ngerasa nggak betah, sekarang saya ngerasa nyaman disini. Saya paling menikmati saat-saat mau tidur di kamar saya, dengan dua selimut hangat dan verworming di samping tempat tidur. Hu hu nyaman sekali. Sekarang saat saya ngerasa udah nyaman disini and no such a big thing that I have to think, I start thinking what I'm gonna do next.

First think first pastinya adalah saya mesti bisa lancar berbahasa Belanda selama setahun saya disini. Target saya sih tiga bulan. Tapi mengingat waktu saya belajar yang terbatas dan short term memory saya sepertinya kok I cannot make it ya. But let's see... Belom tiga bulan pula toh?! Saya mesti bisa soalnya dengan saya lancar berbahasa Belanda dalam jangka waktu selama itu, saya juga ngasih motivasi untuk si Jelek saya belajar bahasa Inggris. Yup, I really want him speak English fluently in a good pronuciation. Ga peduli mau pronunciationnya medok yang penting ngomongnya bener. Bukan maksud saya buat maksa dia untuk bisa bahasa Inggris, tapi saya cuma berfikir it's gonna be good and useful for him to be able to speak English. Apalagi pekerjaan dia sepertinya ga bakalan jauh-jauh dari yang namanya mengabdi dan melayani masyarakat (Mmm sure not sure not?!). Dan pastinya dia bakalan berhubungan sama banyak orang ga cuma Indonesian people aja. Siapa tau kan dengan cara kerja dia yang bagus dan bisa berbahasa Inggris dengan bagus (try to make it in rhyme) dia bisa kerja di NGO International atau bisa dapet scholarship. Ya tho ya tho? Do you think I'm right?

That's what I'm gonna do also, belajar bahasa Belanda buat nambah ilmu. Kalo bisa bahasa Belanda kan saya bisa baca banyak buku berbahasa Belanda, itu kan ilmu pula. Kalo saya pulang bawa oleh-oleh barang, barangnya rusak bakalan cuma dibuang. Kalo saya pulang bawa bahasa baru mana bisa dibuang. Bakalan tetap dipikiran kan. Sampai-sampai ya saking pengennya saya supaya si Jelek bisa bahasa Inggris, saya sampai pengen dia tes TOEFL dulu kalau mau ngajakin saya nikah. Jadi kalau nilai tes TOEFLya belom nyampe 500, belajar aja dulu baru deh nikahin saya. He he... I mean it bro... Sepertinya ide yang bagus untuk dilaksanakan. Baiklah...

Selain itu saya sudah mulai mikirin apa yang akan saya lakukan setahun ke depan. Huuuu saya pengen banget bisa sekolah di Leiden. Pengen bisa belajar European study. Yah tapi ya berhubung saya sadar diri sekolah di Belanda itu mahal sementara saya ini bukan wanita pintar dan cerdas yang bisa dengan mudahnya mendapatkan beasiswa, sepertinya alangkah baiknya apabila saya berdoa dan berusaha untuk mendapatkan alternatif tempat sekolah lain.

Eh ya ngomong-ngomong soal sekolah, Hoo Koen masih nyariin saya tempat sekolah bahasa ni. Kemaren Jacqui bilang lebih baik kalau saya sekolah di sekolah bahasa khusus au pair. Tapi saya bilang saya nggak mau. Saya pengen temen-temen saya nggak cuma au pair aja. Lha ya kalau au pair nanti ilmu yang saya dapet cuma setingkat au pair aja. Sementara saya ngerasa semakin banyak teman dari berbagai macam latar belakang dan pekerjaan akan semakin baik. Saya ngerasa saya bakal lebih dapat banyak hal dengan begitu. Pokoknya apapun yang bisa bikin hidup saya lebih hidup. I'll do it.

Popular Posts