Leiden is a Beautiful Country eh City...

Selasa kemaren saya abis dari Leiden lho, sendirian. Ya ampun bangga deh saya sama diri saya sendiri. Jadi kawans ceritanya begini sampe saya bisa terdampar di Leiden. Hari Selasa seperti biasa kan saya dapet libur tu, soalnya Bodie nginep di Almere. Nah tadinya kan Meli mau ke Amsterdam tu hari Senin, hari Jumat kan Meli dah pulang ke Indo jadi ini terakhir kali kami bisa jalan-jalan bareng. Tapi karena satu dan lain hal Meli ga jadi dateng huuuu... sedih... Akhirnya sepagian saya mikir, ngapain ya enaknya hari ini, masak dirumah aja, males banget. Trus saya kepikiran sama resolusi saya taon depan which is pengen sekolah lagi. Dan berhubung salah satu cita-cita saya adalah sekolah di Leiden, saya jadi kepikiran buat kesana. I just want my dream grow in me. Dan karena sekarang saya lagi semangat-semangatnya buat sekolah jadi saya pengen kesana buat nambain semangat. Siapa tau saya bisa ke Universitasnya, bisa masuk ke perpustakaannya atau malah bisa nanya-nanya program beasiswa disana. Pokoknya saya mantep pengen ke Leiden.

Saya berangkat dari rumah jam 10an pagi. Pertama saya naek trem dulu dari trem station sebrang sampe ke central sation. Duh senangnya kalo bisa menikmati pemandangan sepanjang jalan sambil ngelamun. Hu hu... lekker warem... Berhubung Central Stasion itu adalah pemberhentian terakhir trem yang saya naiki jadi saya ga perlu takut bakalan salah turun. Pokoknya pas semua orang turun saya juga ikut turun. Central station gede banget lho, bangunannya tipikal bangunan tua Belanda yang gede dengan banyak ornamen-ornamen. Kayak masuk ke museum pokoknya. Setelah salah masuk ke antrian buat beli tiket, akhirnya sukses juga saya buat beli tiket ke Leiden. Kereta ke Leiden ada terus selang 15 menit, jadi saya ga harus lari-lari biar ga ketinggalan kereta. Harganya tiketnya 9 Euro lebih beberapa sen kalo ga salah. Saya cuma inget 9 Euronya aja. Tapi itu kalau beli tiket pakai discount kart lho. Eh ngomong-ngomong saya belom cerita kalo saya dah bikin discount kart ya? Saya dah sukses bikin discount kart lho. Bikinnya waktu terakhir kali ke tempat Meli di Hilversum. Saya kan dah bikin account jadi dah bisa bikin korting kartnya deh. Lumayan euy... Pokoknya saya menikmati banget deh jalan-jalan saya ini, jalannya pelan-pelan ga ada yang nyusu-nyusu. Like it alot deh.

Stasiun ini gede juga. Ga tau deh gedean Schipol atau Amsterdam Central, tapi rame banget. Banyak yang mau ke luar negeri naiknya dari stasiun ini. Kali ini saya bener-bener perhatiin keterangan-keterangan yang ada di screen. Soalnya kan pergi sendiri, ga lucu kan kalo nyasar. Perjalanan dari Ansterdam Central ke Leiden ternyata ga lama-lama amat. Paling cuma tiga puluh menitan. Pertama kereta berhenti di Schipol trus abis Schipol baru berhenti di Leiden. Setelah itu kayae berhenti di Den Haag sama Rotterdam deh. Jadi saya bisa ke Den Haag sama Rotterdam juga kapan-kapan. Di kereta saya baca buku Negeri Van Oranje trus buka di bagian Leiden. Siapa tau disitu ada petunjuk jalan menuju ke Leiden Universiteit. Dibuku itu ditulis kalo Leiden Universiteit itu universitas tertua yang ada di Belanda. Universitas Leiden dibangun sebagai hadiah kepada warga Leiden karena telah gigih berjuang mempertahankan kota saat Napoleon Bonaparte menyerang Belanda. Karena kegigihan warga Leiden itu raja Wilhelm III kalo ga salah (tar saya cek lagi ya) memberikan pilihan pada warga Leiden pengen dibebaskan dari pembayaran pajak atau membangun universitas. Trus mereka pilih dibangun universitas di Leiden. Wuidih... keren sekali kan. Bangsa Belanda yang menjajah Indonesia selama 350 tahun itu ternnyata bukan orang-orang yang suka mementingkan diri sendiri. Jadi bangga... Hayah...

Singkat kata singkat cerita, setelah sekitar 30 menit di kereta saya sampe di Leiden. Saya suka takut kalau salah turun, jadi saya tanya ibu-ibu yang duduk disebelah saya. Enaknya di Belanda ya, semua orang kayaknya bisa bahasa Inggris. Jadi saya nggak perlu takut bakalan nyasar karena ga ada orang yang bisa ditanyain. Hal pertama yang pengen saya tuju sebenernya adalah Leiden Universiteit. Tapi kata si mbak petugas informasinya disana Leiden Universiteit tu tersebar hampir di seluruh penjuru kota Leiden, jadi mau ke fakultas mana. Weleh yang mana ya? European study masuk ke fakultas apa ya? Berhubung ga dong jadi saya jawab aja aja "Mmm Literature?!". Nah ternyata di fakultas Sastra itulah librarynya berada. Wihiii... senang kan kalo bisa kesana. Kayak di Lori sama Lorelainya Gilmore Girls yang dateng ke perpus Harvard karena Lori pengen sekolah disana. So I do the same, coming to the University I dream for. Tapi ternyata kalau mau kesana mesti naik bis lagi. Yah berhubung I'm running out money jadi sepertinya saya prefer yang gratis-gratis aja, jadi saya memilih buat jalan-jalan disekeliling aja.

Saya jalan ngikutin kemana orang-orang lain jalan, ga ada arah tujuan pokoknya. Leiden ternyata kotanya kecil. Trus saya sampai di pinggir kanal kayak yang disebutin dibuku. Ya ampun cantik banget. Disepanjang kanal ada banyak kafe-kafe yang pastinya bakalan enak banget dikunjungi waktu summer. Hari itu matahari terang banget walaupun udara tetep dingin ampun-ampunan. Di pinggir kanal ada taman yang cantik banget. Trus saya lihat dari kejauhan ada windmill di tengah-tengah taman. Di pinggiran taman ada bangku-bangku yang mengarah ke kanal. Trus di beberapa tempat ada kapal-kapal yang lagi bersandar. Duh cantik... Saya ambil kamera saya buat ambil gambar untuk ditaro di blog. Loh tapi kok ga ada gambarnya ya. Trus saya duduk di pinggir jembatan ngutak-utik kamera saya. Duh ni kamera kenapa coba? Please jangan sekarang dong, jangan pas saya ada di kota cantik ini saya ga bisa ambil gambar. Akhirnya karena ga berhasil bikin kamera saya bener, saya jalan di sepanjang taman. Huuuu cantik banget... Trus saya balik lagi ke stasiun trus ambil jalan yang lain. Saya sampai ke pinggir kanal lagi yang lebih cantik lagi. Jembatan yang ada di kanal ini bentuknya kayak benteng Belanda jaman dulu. Kecil aja tapi kayaknya jembatannya bisa diangkat deh kalo ada kapal. Di pinggir kanal ini ada tempat duduknya, jadi saya duduk disitu trus nyoba kamera saya lagi. Siapa tau dah bisa dipake. Hmm tapi kok nggak ngaruh ya. Trus saya sms si Jelek deh. Huuu miss him so much deh kalau kayak gini. But it still didnt work, I still could not get any picture from my camera. Don't know why... Trus di sisi lain kanal ada dermaga kecil yang cantik banget, enak kali ya baca buku disitu. Tapi lagi ada anak-anak kecil pacaran, jadi saya tungguin mereka pergi sambil baca buku disitu. Begitu anak-anak itu pergi saya ke situ deh trus duduk ngeglangsar di dak. Ternyata di depan dak itu ada rumah-rumah yang halamannya ngehadap ke kanal. Duh senangnya kalau punya rumah begitu. Begitu buka jendela pemandangannya kanal kecil. Apalagi di samping kanal itu ada taman kecil yang cantik banget. Trus tepat disamping kanal ada windmill kuno gede. Di depan windmill ada dermaga kecil buat sandaran kapal-kapal kecil. It's really beautiful. Bosen baca buku saya jalan lagi. Di dekat situ kayae ada banyak toko-toko berjejer jadi saya ikutin aja toko-toko itu. Trus balik lagi ngikutin jalan di sepanjang kanal. Eh ternyata saya nyampek ke centrum, pusat kotanya. Yihiiii... Jadinya jalan-jalan deh saya di centrum dan keluar masuk ke toko-tokonya. Saya sih nggak beli macem-macem. Tapi berhubung duit saya dah mepet jadi ya tetep aja duit saya abis. Biarun saya dah bawa makanan dari rumah tetep aja saya tergoda buat beli makanan disana. Pulangnya saya beli kebab yang harganya 2.50 Euro. Tadinya saya pikir ya kebab seharga itu tu udah lengkap termasuk daging dan segala macamnya. Yah sama lah kayak di Indonesia, tapi ternyata segitu itu cuma sayuran doang hu hu... Padahal saya udah mengais-ngais recehan supaya bisa terkumpul 2.50 euro. Tapi ya sudahlah, sehat gitu makan kebab salad. Tapi gede lho kebabnya, bikin kenyang. Tadinya saya pengen makan di pinggir kanal tapi ga dapet tempat kosong. Jadi saya makan aja di stasiun sambil sunbathing di depan stasiun. Abis itu pulang deh, he he...

Popular Posts