Naik Sepeda di Belanda




Hari ini saya mencoba membuktikan kekuatan saya bersepeda. Diawali dari postingan temen saya (Itu si Dita) yang lagi sepedaan dengan note dibawah fotonya (lupa-lupa inget tulisannya apa). Nek ga salah dia tulis 'Tetep sepedaan sepanjang 13 km bolak-bali biarpun lagi hamil gede'. Baca postingannya itu bikin saya jadi mikir Hah itu Dita aja bisa naik sepeda 13 km bolak-balik biarpun lagi hamil gede, masa saya ga bisa!" Biasa, merasa tertantang ceritanya. Bisa ga ya sepedaan 13 kilo? Baiklah saya mau nyoba sepedaan nanti, kita lihat seberapa jauh saya bisa pergi dengan naik sepeda. Lumayan kan kalau saya bisa sepedaan sebegitu jauhnya juga. Hemat ongkos boo...

Pas hari minggu saya ditanyain Jacqui, dia ma anak-anak mau ke Almere tempat Omi Opi saya mau ikut ga? Saya pikir-pikir hari minggu saya mesti ke gereja, soalnya kan minggu ini minggu Palma. Kayae ga mungkin bolos lagi. Ga enak euy ma Tuhan. Jadi saya mikir apa abis dari gereja aja ya saya sepedaannya. Akhirnya saya bilang ke Jacqui kalau saya mau sepedaan aja. Tapi tar kalau udaranya lagi ga bagus saya ikut Jacqui ke Almere. Nah hari yang ditentukanpun tiba, jreng jreng... Matahari terang banget kok sinarnya, jadi saya bisa sepedaan hari itu.

Saya dah siap-siap dari pagi-pagi buat ke gereja. Gereja mulai jam 10 jadi saya pergi jam 9.30. Sampe di gereja, lha kok sepi. Mobil sih banyak, yang berarti pasti ada misa. Saya nyampe jam 10 pas, jadi pasti ada orang yang lalu lalang buat masuk ke gereja dong. Tapi ini masak ga ada sama sekali. Duh apa orang Belanda itu segitu on timenya ya. Mpe dateng pas jam sepuluh aja dah ga ada barengan masuk ke gereja. Ahirnya ada juga orang yang mau masuk ke gereja, baru deh saya berani masuk. Tapi pas masuk, nah loe kok udah komuni ya?! Dong dong... Tapi ini beneran kok baru jam 10pagi. Trus saya tanya ke bapak-bapak yang berdiri di sebelah saya misanya mulai jam berapa. Dia jawab jam 10. Trus saya bilang "Lah kalo jam 10 kok sekarang dah komuni?" Trus dia liat jamnya "Lho sekarang kan udah jam 11". Nah loe kok bisa?! Dong dong... Trus dia terangin kalo sekarang dah mulai daylight saving. Jadi jam waktu summer itu dimajuin waktunya. Jadi kalo biasanya pas winter itu jam 10 pagi, berarti waktu summer jadi jam 11 pagi. Nah itu majuin apa dimundurin ya? Weleh pantes aja nek gitu. Yah daripada malu, mendingan ngikutin orang-orang yang duduk abis dapet komuni. Tapi saya tau diri kok, jadi saya nggak minta komuni juga.

Nah trus kan berarti kalau sekarang dah jam 11 berarti bentar lagi jam 12 dong. Jadi saya mikir apa saya pulang dulu aja ya buat makan siang abis itu baru pergi. Kan hemat tuh jadinya ga usah beli makan siang. Jadi saya pulang dulu ke rumah buat makan. Saya pergi sekitar jam 1an dari rumah. Mampir ke Albert Heijn dulu buat beli biasa) chips sama roti coklat buat bekal. Beli yang murahan aja, kalo diitung sih abis 1 euroan lebih. Lumayan... Trus tujuan pertama adalah saya pengen bisa ke Dam Square naik sepeda. Osdorp tempat saya tinggal sampai ke Amsterdam Central itu kira-kira 10 kiloan, berarti ke Dam Square juga segituan jaraknya.

Biasanya kalau saya mau ke Dam Square, saya naik kereta No. 1. Jadi saya ikutin aja tu trem no 1. Tapi pas sampai di lampu merah saya malah tetep terus, lupa kalau tremya udah belok. Pas lagi santai-santainya genjot sepeda saya baru sadar ada yang beda, kok kayaknya saya ga pernah lewat jalan ini ya. Weleh kebablasan... Trus saya puter balik deh. Tapi saya malah tertarik sama taman yang ada di pinggir jalan, jadi saya coba aja masuk ke taman itu. Eh bagus lho tamannya. Tamannya amat sangat luas dengan pohon-pohon besar di kanan kiri jalan. Disitu juga ada sungai yang mengelilingi taman dan danau yang besar (biarpun orang sini bilangnya kolam bukan danau). Banyak orang yang berolah raga disini, entah cuma jalan-jalan bersama anjingnya, sama teman-temannya, leyeh-leyeh, naik sepeda atau lari-lari. Di pinggir danau ada jogging tracknya dan tempat duduk untuk leyeh-leyeh. Nyamanlah kalau mau santai-santai.

Karena tempatnya lumayan menyenangkan, saya tergoda buat berhenti duduk-duduk sambil baca buku dan makan bekal saya. Berasa piknik, he he... Tapi lama-lama kok serem ya. Cuacanya mulai mendung, jadi semakin lama semakin sedikit orang yang lewat. Karena takut kalau ada orang-orang yang ingin bertindak jahat, hayah... ya sudah istirahat selesai. Trus saya bukannya keluar lewat jalan yang tadi, tapi saya malah ngikutin jalan di sepanjang taman. Nyasar-nyasar deh, terserah hati mau bawa saya kemana. Eh ternyata taman itu taman yang sama dengan yang biasa saya lewati kalau saya naik trem mau ke Dam Square. Itu lho taman yang ada danau besarnya yang saya bilang pengen kesana kalau summer. Aduh bunga-bunganya udah pada mekar, indahnya... Tapi lama-lama capek juga saya naik sepda begini, anginnya kenceng bener ya. Kayaknya saya melawan arah angin deh, jadinya berat. Tapi saya mesti nyampe Dam Square.

Jalan untuk ke Centrumnya ternyata agak sedikit beda antara mobil dengan sepeda. Biasanya kan jalan sepeda ya ada di pinggir jalan mobil, tapi untuk ke centrum ini jalannya beda. Jadi saya agak muter-muter untuk nyari arah yang benar. Akhirnya setelah 2 kali bolak-balik ke arah yang sama, saya ngikutin mas-mas yang naik sepeda. Mudah-mudahan betul, dan ternyata memang betul. Masnya juga mau ke centrum tuh kayaknya. Aduh jalannya nanjak terus, capek saya.

Setelah hampir sampai di tengah kota, mulai banyak orang yang naik sepeda. Jadi saya ada barengannya. Mungkin karena cuacanya nggak bagus, mendung dan berangin di sekitar rumah, jadi jarang ada yang naik sepeda. Tapi begitu sampai ke tengah kota, saya bisa barengan dengan beberapa sepeda. Jalanan lumayan crowded, tapi berhubung banyak temannya, saya jadi semangat lagi. Kayaknya udah mulai dekat deh. Tapi ternyata masih jauh lho... huu... kok nggak nyampe-nyampe ya. Akhirnya saya sampai di kanal pertama menuju ke Dam Square. Duh saya bingung mesti kemana. Ada banyak jalan trem disini, jadi saya agak kebingungan harus mengikuti jalan yang mana. Kalau nunggu trem no 1, bisa lama. Belom-belom saya dah beku kedinginan. Akhirnya saya coba ikuti salah satu jalan. Tapi salah euy, saya malah muter-muter disekitar kanal. Mana hampir nabrak mas-mas lagi, untung masnya ganteng. Jadi ga rugi biar dia marah-marah juga. Saya sempet takut bakalan nyasar, soalnya jalan di sekitar kanal itu sama dan disitu nggak cuma ada satu kanal. Kalau nyasar di red light district kan gawat. Tapi untung aja saya bisa nemu jalan ke tempat semula. Dan mungkin karena hari minggu, hari itu banyak banget orang lalu lalang. Sampe-sampe sepeda harus ngalah dan setiap orang yang bawa sepeda harus nuntun sepedanya.

Dari tempat yang sama saya masuk dan hampir nyasar tadi, saya ngambil arah lain. Soalnya memang disitu ada kira-kira empat persimpangan. Tapi waktu saya nyoba ambil arah lain, eh ternyata salah juga. Itu bukan arah yang biasa saya lewati kalau saya naik trem. Akhirnya setelah beberapa kali bolak-balik ambil arah lain, saya nyerah. Saya parkirin sepeda di depan hotel disitu yang di depannya ada air mancur dan tempat duduknya, trus saya buka bekal saya dan makan disitu. Karena sudah lumayan sore saya putusin setelah dari situ saya langsung pulang aja. Toh dah bisa sampai sini. Sudah lumayan kalau menurut saya. Tapi trus saya liat trem no 1 lewat, saya liatin deh kemana arah beloknya dia. Oh ternyata ke arah yang saya nyasar pertama tadi. Akhirnya saya cepet-cepet beresin barang-barang saya trus saya ikuti dari belakang. Jalan yang dilewati trem itu ternyata memang jalan untuk pejalan kaki. Jadi saya harus turun dan tuntun sepeda saya. Akhirnya saya sampai di kanal berikutnya. Kalau saya lurus lagi saya sudah sampai Dam Square. Tapi Dam Square masih lumayan jauh, dan waktu itu sudah sekitar jam 4 sorean. Karena takut terlalu malam sampai ke rumah saya putuskan sampai disitu saja dulu. Saya parkir sepeda saya berjejer dengan sepeda lain. Agak takut juga ni kalau dicolong. Untung saya bawa gembok sepeda satu lagi. Tapi tetap was-was juga,soalnya pencurian sepeda di Belanda amat sangat tinggi.

Selesai dengan urusan persepedaan, saya duduk-duduk lagi di kursi panjang pinggir kanal (sambil makan lagi). Setelah bosan saya keliling sebentar ke toko-toko bunga yang kebetulan banyak berjajar di pinggiran kanal. Hadoohhhh bunganya bagussss, saya yang bukan pecinta bunga ini jadi jatuh cinta sama bunga. Yang tadinya ga romantis, jadi pengen romantis biar dikasih bunga, he he... Hari itu memang ramai sekali. Pengunjung banyak sekali memenuhi kanal. Di sepanjang kanal juga banyak toko-toko yang menjual souvenir untuk turis. Sesekali saya masuk ke dalam buat menghangatkan badan. Soalnya kalau di toko kan pasti ada verwormingnya. Angettttt...

Setelah bosan berkeliling akhrinya saya putusin untuk pulang. Saya takut kemalaman di jalan. Soalnya saya harus melewati terowongan bawah jembatan yang lumayan sepi. Waktu pulang saya ngerasa lebih capek dari waktu berangkat tadi. Ya iyalah, secara tenaga sudah terkuras habis. Sempet kapok juga, soalnya capek banget. Tapi demi menghemat ongkos, saya rela. Cuma karena nggak kuat saking capeknya saya sempat berhenti sekali buat makan lagi, he he... lumayan lho isi bensin buat saya. Ternyata olah raga itu bikin laper terus. Saya nyampe di rumah kayaknya sejaman deh. Soalnya saya masih sempet bantuin Hoo Koen buat masak-masak.

Popular Posts