Walking Around, All Alone...






Hari ini is my day off, asyik boleh jalan-jalan. Tadinya kan Meli disuruh kesini tu sama host mom saya supaya kami bisa maen. Tapi Meli habis pulang dari Paris malemnya (wuih gaya ya si Meltje malem valentinenya di Paris. Tapi ga sama pacarnya, sama Titin he he...). Gara-gara ada kecelakaan di Brussel, dia nyampe Amsterdam jam satu pagi. Soalnya Thalys, kereta Paris-Amsterdam, ga jalan. Jadinya dia harus nyari kereta lain buat ke Amsterdam. Mana saya tega coba minta Meli malemnya langsung ketempat saya. Jadinya saya menawarkan gimana kalo saya aja yang ke Hilversum, biar Meli irit ongkos juga soalnya kemaren-kemaren kan dia mulu tu yang keluar duit buat ketempat saya. Sekalian saya biar belajar naik kereta sendiri. Tapi trus ada perubahan rencana, solanya ternyata host mam saya meh makan malem sama host dad saya malam ini. Jadi kata Meli daripada waktunya mepet mending saya ke Hilversum hari Jumat aja sampe minggu, trus kami langsung ke ultah temen kami yang laen di Breda. Nah berhubung Rabu ini saya ga ngapa-ngapain juga, kata host mom saya "kamu ga pengen pergi-pergi?". Pikir-pikir iya juga ya, mumpung libur kenapa ga coba pergi sendiri. Akhirnya saya putusin buat pergi sendiri jalan-jalan.

Karena saya taunya cuma Dam Square, jadi saya ngerencanain pengen pergi ke Dam Square aja. Jalannya ga susah, saya ga perlu ganti-ganti trem buat nyampe sana. Jadilah saya pergi kesana. Tadinya saya pengen ikut misa dulu di gereja deket rumah, tapi biasa lelet saya belom ilang jadi ga mungkin ikut misa juga. Di Dam Square tujuan pertama saya adalah pipis. Duh dingin kali ya jadi kebelet. Di Belanda ini katanya sih kalo mau ke toilet harus selalu bayar lho. Ga ada yang gratis. Tapi tiap kali saya ke Dam Square saya dah tau mesti kemana yang toiletnya gratis, yaitu Burger King. Saya malu nek dilihat pelayannya cuma nebeng pipis doang ga beli, jadi saya tunggu mpe rada ramean baru masuk.

Tujuan saya yang laen adalah beli sarung tangan. Gara-gara kebodohan saya lagi, sarung tangan saya yang dibeliin si Jelek di Indonesia ilang (maap ya yang). Padahal itu sarung tangan saya yang paling anget. Sarung tangan saya yang satu lagi dipinjem ma Meli. Jadi daripada tangan saya mati beku, saya mengambil keputusan buat beli sarung tangan. Udah cuma beli sarung tangan aja ga beli apa-apa lagi soalnya saya udah run out of money ni. Duh gawat kalo disini saya mpe kehabisan uang. Kadang-kadang saya nyesek juga kalo uang yang udah saya kumpulin selama bertahun-tahun itu disini cuma habis untuk barang-barang yang ga penting. Yang kecil-kecil dan sepele. Uang yang di Indo nilainya jutaan rupiah disini cuma kayak uang saku anak sekolah.

Setelah liat sana sini saya ga nemuin toko yang jualan sarung tangan yang murah. Toko-toko baju disini jual shall dan aksesoris yang lain, tapi kok mereka ga jual sarung tangan ya. Padahal tangan saya dah ga kerasa saking dinginnya. Duh saya mesti tetep beli berpapun harganya. Berhubung udara dingin banget saya suka banget keluar masuk toko-toko disana trus lama-lama ngeliat barang-barangnya cuma buat nebeng ngangetin badan. Kalau di Indo saya nebeng ke mall buat ngadem disini kebalikannya. Trus saya nyari barang buat ultah temen saya. Bingung juga ni meh beliin apa. Soalnya pacarnya sugeh jadi pasti dah punya semuanya. Tak kasih cething aja kali ya, he he... tapi udah punya jangan-jangan. Tapi cething disini lucu-lucu deh warnanya. Harusnya di Indo dibikin gitu juga tuh biar menarik.

Atau enggak kasi album foto, banyak yang lucu-lucu juga. Tapi cetak foto di Belanda kan mahal tar malah ga kepake. Akhirnya saya pindah ke tempat laen. Setelah sampe ke ujung saya balik lagi deh ke depan. Saya mampir ke toko baju yang banyak jual baju diskonan, liat sana sini eh kok kayaknya ada yang murah ya. Trus ada baju-baju yang diatasnya ditulis harganya 4.95 Euro. Wahhh masa sih murah banget. Saya langsung excited, mana lucu-lucu lagi. Akhirnya saya cobain deh satu, duh bagus beli nggak ya. Tapi kan duit saya dah abis. Duh tapi harganya cuma 4 Euro, lebih deng tapi kan depannya tetep 4 Euro. Tapi kan saya nggak ada budget, tar yang saya pake buat bayar asuransi saya tinggal berapa dong. Duh tapi kapan lagi bisa dapet baju harga 4 euro, eh tapi bener ga ya harganya 4 euro tar salah lagi. Setelah saya liat harganya loh kok 9 euro ya. Tapi yang lain lebelnya 4 euro kok. Karena nggak yakin saya taro deh tu baju knitting warna ungu yang cantik banget warnanya. Saya beralih ke tempat lain yang label harganya 4 euro juga. Trus saya nemu sweater yang saya pengen modelnya, iseng-iseng saya cobain deh. Aduh bagus... ambil ga ya? Ga da label harganya sih yang ini, tapi yang lain label harganya 4 euro kok. Tapi kayaknya hati saya bilang ga usah beli deh. Cuma sayang, yah akhirnya seperti anda ketahui setanlah yang menang. Saya ambil deh tu sweater setelah mikir-mikir lagi "ambil yang mana ya?!" Trus saya ke kasir, mudah-mudahan harganya bener, tapi bener kok... Eng ing eng... saya ngeliat ke koputer kassa 14,95... weittssss... kok... loh kok... Ah sial tu kan saya bilang juga apa pasti salah deh. Akhirnya dari kassa mpe sepanjang jalan saya mengutuki kebodohan saya. Harusnya saya tanya dulu harganya, harusnya saya nggak beli, harusnya saya... ya sudahlah...

Padahal saya dah bawa makanan dari rumah biar saya ga usah beli makan, biar uang saya ga gitu banyak kepake. Eh bodonya saya... Maap ya Tuhan tar lagi ga gitu deh... Tapi saya tetep mesti beli sarung tangan sebelum tangan saya beneran beku kedinginan. Akhirnya ya udah deh saya beli sarung tangan harga 6 euro. Abis yang lain ga ada lagi dan tangan saya dah dingin banget.

Tadinya saya meh makan siang di Coffe Company tempat saya sama Meli biasa nongkrong kalo ke Dam Square. Beli hot coklat satu bisa ngangetin badan berjam-jam dan ngobrol. Dah gitu keren kan kelihatannya, makanan sih bawa dari rumah tapi makan di coffe shop. Di Jogja mana pernah saya ke tempat beginian. Berhubung waktu itu dah jam makan siang, Coffe Company penuh banget sama pengunjung. Dan spot tempat duduk yang saya suka juga ada yang nempatin. Saya suka duduk di kursi depan yang ada kaca besar ngehadap lapangan, madam tussaud dan quenn palace. Saya bisa ngamati orang-orang dari situ. Tapi karena nggak bisa ya saya duduk aja di pinggir lapangan yang penuh dengan burung-burung sambil makan. Saya amati orang-orang disekeliling saya. Saya setel sountrack lagu saya dari MP3 Bye bye byenya Mariah Carey. Wihiii... indahnya dunia, hidup berasa digenggaman, hayah... Duh keren emang kalo beli barang mahal, suaranya jernih sekali. Nggak sia-sia emang, suara penyanyinya jadi terdengar lebih bangus.

Ternyata banyak banget ya turis di Dam Square,entah kenapa hari ini kayaknya banyak banget orang yang ke Dam Square. Ada orang-orang dengan dandanan aneh-aneh yang bergaya bak patung. Kalau mau foto sama mereka harus bayar. Ini ni caranya Andrea Hirata yang diceritain dibukunya Edensor untuk biayain perjalanan Ikal dan Arai keliling Eropa itu lho. Trus kuda-kuda disini itu lebih semok daripada kuda di Indo. Mungkin beda kali ya makannya jadi terlihat lebih padat berisi. Apalagi betisnya, wuidih ngalahin betis saya.

Abis ngambil beberapa foto untuk saya taro di blog, saya jalan lagi. Kali ini tujuan saya adalah ke gereja. Bayar utang karena emang dari awal niat saya udah pengen ke gereja. Tenang rasanya kalau dah nyampe gereja. Dan saya bisa baca buku tanpa merasa kedinginan he he... senang. Gereja ini letaknya nyempil diantara deretan toko-toko yang ada di Dam Square. Nggak ada tanda apapun yang menunjukkan kalo itu adalah gereja, soalnya yang terlihat di depan cuma pintu masuk gereja. Sebelah-sebelahnya udah toko. Tapi begitu masuk ke dalam suasanya langsung berubah dari hiruk pikuk pusat perbelanjaan menjadi suasana tenang yang religius dengan cahaya remang-remang. Sama seperti gereja di Eropa lain, gereja ini juga dipenuhi dengan ukiram-ukiran yang indah dan organ pipa. Salib Yesusnya sepertinya terbuat dari emas putih yang rajin dibersihkan, kinclong bener...

Keluar dari gereja, duh kok perut saya lapar lagi ya. Gawat... Karena nggak bisa nahan lapar dan hawa nafsu, saya nyari-nyari mana ni makanannya yang murah. Akhirnya saya beli hamburger di Mcd harga satu euro, yes lumayan. Besok-besok saya ke Mcd aja ah kalau beli makan. Dari Mcd saya meneruskan langkah untuk mewujudkan cita-cita saya makan dengan gaya di Coffe Company. Nyampe sana ternyata masih rame, jadi saya tunggu di tempat duduk tadi siag waktu saya makan. Setelah orang-orang pada keluar, saya masuk. Tapi tetep saya harus antri karena banyak orang-orang yang ikut tour. Dan hari ini saya dapat keberuntungan lagi soalnya saya kan pesen hot coklat ukuran medium, tapi ternyata pas ada promo jadi di up grade deh minuman saya ke ukuran large. Tapi jangan-jangan mereka ngira saya ikutan tour juga kayak dulu. Ah muka tourist emang bikin hoki he he... Duh nikmat bener kalo bisa kayak gini tiap hari, duduk, bengong, ngelamun, sambil dengerin musik, minum kopi dan melihat orang berlalu lalang. Dari Coffe Company saya pulang dengan selamat sentosa sampe kerumah.

Popular Posts