Shopping

Tadinya ya selama di Indo saya nggak kepikiran lho buat shopping-shoppingan makanya saya udah beli barang-barang yang menurut saya akan saya butuhin di Belanda. Kayak beli jaket-jaket, sweater, kaos kaki, kaos tangan, bedak, pelembab, sabun batangan yang banyak buat persediaan, lotion dll, dll. Tapi begitu nyampe sini semuanya kayae ga kepake. Kata Meli pelembab dan segala macem yang berasal dari Indonesia ga mempan kalo di pake di Eropa. Emang bener lho, jaket yang saya bawa emang kurang anget kalo dipake disini, trus pelembabnya ga ngaruh ngatasin kulit kering karena dingin, lotionnya juga ga ngaruh buat ngilangin perih ditangan karena terlalu sering kena air dingin waktu nyuci-nyuci. Jadi kata Meli saya tetep aja mesti beli yang baru.

Nah trus hari Senin sama Selasa kan Meli sengaja disuruh nginep dirumah tu buat ngajarin saya macem-macem trus ngajakin saya jalan-jalan. Karena hari Selasanya saya nggak ada acara apa-apa jadi saya boleh jalan-jalan sama Meli. Trus Meli ngajakin saya ke Dam Square (tau deh bener ga nulisnya) Amsterdam dimana ada Istana Ratu Belanda, toko-toko, Museum Madam Tossoud (taulah spellingnya), trus ke Albertchuyp. Cuaca waktu itu lagi jelek banget. Dari pagi waktu saya bangun sampe sore hari ujan terus. Tapi tetep aja kami pergi. Kami pergi naik trem ke centrum supaya saya bisa tau gimana naik trem nantinya. Waktu keluar rumah udara dingin banget, trus salju yang turun dari kemaren udah jadi es karena turun ujan terus. Kami harus bener-bener hati-hati jalannya. Waktu hampir nyampe ketempat nunggu trem ternyata tremnya udah dateng. Jadi Meli lari-lari, nah berhubung Meli lari-lari ya saya mesti ngikutin dong. Duh tersiksa deh saya yang nggak kebiasa olah raga harus lari-lati pake pakaian perang di musim dingin yaitu boots, kaos yang berlapis - lapis trus jaket, dan jaket lagi yang lebih tebel. Huuu... ga kuat. Soalnya kalo nggak kekejar tremnya kami mesti nunggu tremnya 15 menit lagi. Lama kan, jadi yang mau naik yang mesti ngejar-ngejar tremnya. Bukannya trem yang nungguin penumpang yang mau naik kayak di Indonesia.

Trus waktu mau naik trem kami bisa beli tiket di dalem tremnya dengan harga 2.60 Euro, tapi kalo pake stripenkarten harganya lebih murah tergantung mau beli yang berapa panjang. Kebetulan kemaren kami dikasi sama host dad saya, kami pikir sih dikasih he he ternyata dia cuma naro strippen kaarten itu di meja toh. Bukan buat kami. Kami harus ganti sekitar dua kali untuk nyampe ke Dam Square, kayak kalo naik busway gitu lho. Tinggal diliat jurusannya aja. Saya belom apal jurusannya kemana aja, jadi saya minta aja Meli buat tulisin. Trus sampe di Dam Square kami ngeliat toko-toko yang ada, sambil kedinginan. Berhubung ga bawa payung terpaksa deh saya beli payung. Abis ujannya bener-bener ga berhenti. Harganya 7.5 Euro, saya ga tau deh itu mahal ga untuk ukuran disini. Tapi kayae mahal deh. Trus saya nemenin Meli liat diskonan baju-baju. Meli nyuruh saya beli sweater, soalnya ya itu sweater saya ga gitu anget. Saya si liat-liat aja nek beneran ada yang murah. Nah trus Meli ngajakin saya ke Zara, disitu juga lagi ada diskonan. Tadinya saya nggak niatanan beli bener deh, tapi waktu liat ada sweater yang oke dengan harga 9.95 Euro doang. Huaaa... nggak tahan... Trus ada snekars yang saya pengen dengan harga segituan juga. Ya sudahlah beli deh.

Abis itu kami ke Albertcuyp itu. Albertcuyp itu kayak pasar traditional gitu. Kalo di Jogja kayak Sunday morning di UGM. Semuanya dijual disana, ada baju, bunga, makanan, sayuran, perhiasan. Disana saya nyari-nyari boots, soalnya yang kemaren kan boots pinjeman. Trus Meli ngajak saya di beberapa toko, nyampe di satu toko Meli nemuin boots yang merknya Le Cooq sportif yang harganya 20 Euro. Kata Meli murah banget tuh, apalagi itu merk mahal. Tapi aku ga dong itu merk apaan. Yang penting bentuknya bagus aja, jadi tak beli deh. He he he.. Kata Meli 2 kali setahun ada diskonan gede-gedean di Belanda, mmm apa ya namanya lupa, pokoknya adanya di bulan Januari sama sekitar bulan Juli. Segala barang dari yang merknya biasa aja sampe merk yang terkenal didiskon abis-abisan. Makanya saat-saat itu palin ditunggu sama orang-orang.

Di Belanda nggak ada toko yang bener-bener gede kayak mall-mall yang ada di Jakarta. Rata-rata sih tokonya satu-satu kayak di Malioboro gitu. Sepanjang jalan isinya toko-toko semua. Nggak kayak Jakarta yang mallnya segede-gede bagong dan semua toko jadi satu di satu tempat. Kalo disini kebanyakan toko-toko sendiri dan tempat makan sendiri juga walaupun masih di satu deret. Tapi cafe sama restaurant kayae ga ada yang gede-gede banget deh. Rata-rata kecil. Dan tenyata disini juga banyak copet lho. Meli selalu wanti-wanti supaya saya taro tas slempang saya di depan. Mneghindari kecopetan aja. Trus waktu lagi ngpi di Cafe Company saya ngeliat ada yang nawarin untuk tur gratis. Saya tertarik juga, tur gratis kapan lagi bisa. Tapi kata Meli ati-ati sama yang begituan soalnya banyak juga yang modusnya tur gratis tapi ternyata mereka dibawa ketempat sepi trus dirampok. Ternyata Amsterdam serem juga. Meli juga wanti-wanti supaya saya jangan ngomong sama orang asing. Weleh kok saya berasa anak kecil yang di tinggal di Jakarta ya. Kan biasanya mereka dikasi tau utnuk nggak ngomong sama orang yang nggak mereka kenal. Tapi emang ternyata di Amsterdam rawan juga nggak cuma di Jakarta. Binta juga ngingetin tentang loveboy, ini sebutan untuk orang yang suka ngerayu cewek-cewek untuk dijadiin pacar. Trus mereka bakalan baik banget sama cewek calon korbannya dan biasanya akan ngasih macem-macem, nah begitu dapet mereka bakalan ngejual ceweknya. Wuih serem bener ceritanya...

Popular Posts