Lari is a Must Skill Kalo Tinggal di Belanda

Hari Sabtu kemaren saya ke tempat Meli di Hilversum. Kira-kira satu jam dari Amsterdam. Tempatnya keren, banyak rumah-rumah tua yang gede-gede banget yang dilindungi sama pemerintah. Jadi orang-orang yang tinggal disitu nggak boleh mugar bentuk luar rumahnya. Saya yakin rumah-rumah disitu pasti harganya mahal banget. Rumah host parents Meli yang saya pikir rumahnya udah segede bagong itu kata Meli termasuk rumah paling kecil di daerah itu. Wow... Disana juga ada Centrumnya alias pusat kotanya yang banyak toko-toko keren berderet-deret. Kebayang dong deretan toko-toko yang biasa ada di majalah-majalah luar negeri dengan arsitektur keren. Di sepanjang jalan Hilversum juga ditanam pohon-pohon gede-gede. Kalau ada yang mau nebang pohon-pohon ini harus minta ijin sama pemerintah lho. Soalnya pohon-pohon ini termasuk cagar budaya juga yang dilindungi sama pemerintah. Tapi saya bener-bener suka sama suasananya. Saya jadi inget salah satu impian saya untuk naik sepeda di jalan yang besar degan pohon-pohon besar di kanan kirinya. Di Amsterdam mah mana ada pohon-pohon gedenya.

Tadinya saya sama Meli rencana untuk pergi bareng sama Titin dan Philip cowoknya, tapi berhubung Philipnya sakit ga jadi deh. Akhirnya seharian kita dirumah aja ngobrol sambil beres-beres rumah. Sorenya Meli ikut saya pulang ke Amsterdam. Soalnya Meli ditawarin sama Jacqui n Ari mau ga nginep di Ansterdam sampe Selasa, soale Selasa saya off jadi bisa maen deh. Tentu saja saya mau, Meli juga mau kok. Sekalian saya mau minta diajarin naik kereta. Nah sorenya saya sama Meli naik kereta ke Amsterdam. Pertama kami ngecek dulu kereta yang ke Amsterdam adanya jam berapa. Setelah tau kami berangkat ke stasiun. Jarak dari rumah ke stasiun kalo kata Meli sih ga lumayan jauh. Iya untuk ukuran orang Belanda ga jauh kali yak. Tapi buat saya yang baru seminggu nyampe Amsterdam dan kebiasa manja naek motor kemana-mana ya pastinya jauh. Udah gitu berhubung waktunya mepet kami berdua harus jalan cepat menuju ke stasiun. Hadohhh.. kepayahan deh, mana seperti biasa udara dingin banget lagi. Jadi dengan segla perlngkapan perang musim dingin saya harus berlari-lari mengejar Meli yang biarpun lebih kecil dari saya tapi sudah lebih terlatih jalan cepet. Hadohhh...

Akhirnya sampailah kami ke stasiun. Kata Meli "Duh mudah-mudahan tempat jualan tiketnya masih ada" Nah lho... Maksudnya?! Meli jelasin kalo biasanya loket tiketnya udah tutup sekitar jam 8an. Nah kalo udah tutup kami terpaksa harus beli tiket di mesin tiket gitu. Masalahnya adalah itu mesin cuma mau nerima uang receh, padahal kami ga punya uang receh. Uang yang harus kami bayar berdua waktu itu 13.60 Euro, tapi kami cuma punya uang beberapa sen. Trus saya beli makanan di supermarket situ supaya saya bisa dapet uang receh. Sama kan kayak di Indo. Saya beli makanan yang termurah, trus saya bilang ke mas kasirnya bisa nggak minta kembaliannya dalam receh. Trus si masnya ngomong "No, I cannot change your money" Lho lho maksudnya?! Saya terangin "I have to buy tickets but I have no coin, can you give me the change in coin?" Kata saya dengan muka seramah-ramahnya. "No, you maybe can have change in another place but not here" Grrrr... Trus untungnya ya ada mbak-mbak yang mau bayar juga nanya ke saya, ada apa. Trus saya terangin deh kalo saya perlu nukerin uang saya ke coin. Fiuhhh untunglan dia punya 5 Euro ho ho... tapi belum selesai nih. Itu kan baru cukup buat satu oarng uangnya. Jadi saya cerita ke Meli trus saya ceritain deh kejadian di supermarket tadi. Trus Meli mulai ngitung-ngitung koinnya ada berapa cepet-cepet. Kami panik juga abis keretanya dah mau dateng dan itu udah jam delapan malem lebih. Kami bisa pulang kemaleman. Setelah kami kumpul-kumpulin dari mana-mana, huuu syukurlah uangnya pas banget 13.60 Euro. Selamet-selamet...

Nah hari Seninnya kami dapet tugas untuk masak. Hoo Koen kasih uang untuk belanja buat makan malem. Kami udah ngerencanain mau belanja jam sepuluh soalnya jam 12 Bodie harus tidur siang. Tapi ternyata kami baru bisa keluar jam sebelasan. Jadilah kami berkejaran dengan waktu. Karena kami harus bawa Bodie belanja, kami ga bisa jalan cepet. Matilah... Kalo tar telat bawa Bodie tidur nanti dia tidurnya cuma bentar, soalnya jam 2an mesti kami bangunin untuk jemput Robin ke sekolah. Jadilah kami sibuk bujuk-bujuk Bodie untuk mau duduk di stroller biar kami bisa dorong dia dan jalannya bisa lebih cepet. Duhhhh pegel deh kaki saya berysaha buat nyamain jalannya Meli. Pulang balik kami jalan cepet-cepet sambil nahan udara dingin.

Trus tadi ada cerita lagi nih, ceritanya tadi kami maen ke Dam Square lagi, Kami ngobrol lama di Cafe Company lagi. Tadinya kami berencana buat ke Centrumnya Belanda foto-foto dan ke Central Stasion buat bikin kartu diskon buat saya. Tapi berhubung kami keasyikkan jalan-jalan di Dam Square ga ada waktu deh kesana. Pas kami pulang kira-kira dah jam 4an gitu. Kami mampir ke Albert Heijn buat Belanja soalnya kami dapet jatah masak lagi. Again, abis dari Albert Hejn kami harus lari-lari mengejar trem no 1. Begitu keluar dari Albert Heijn kami udah ngeliat tuh tremnya berhenti di setopan sebrang. Jadilah kami lari-lari sambil nenteng barang-barang. Eh waktu dah nyampe, si sopir tremnya ga buka pintunya. Kayae emang setopan untuk trem No. 1 bukan yang itu tapi yang di sebrang lagi. Akhirnya kami lari-lari lagi ke setopan yang sebrangnya. Eh dari setopan yang tadi dateng lagi trem no. 1. Trus kami balik ke setopan yang tadi buat naik trem yang baru dateng. Udah lari-lari bolak-balik gitu begitu nyampe ke tremnya, sopirnya tetep ga mau bukain pintunya. Lho ini gimana sih?! Dohhh bodo bodo... lha wong emang itu bukan setopan untuk trem no. 1. Mana pas lari-lari tas cangklong saya copot lagi talinya, sial... Akhirnya dengan nafas ngos-ngosan kami ngutruk kok ya bodo amat gitu, hedeuhhh... Ya udah trus kami mutusin tetep nunggu di situ aja naek trem jurusan lain. Begitu kami sukses naik trem berikutnya kami ngetawain kebodohan kami yang menurut kami pengalaman bodoh yang patut dikenang dan diceritakan. Bodo kok ya sering gitu. Ahhh.. tapi kami sih yakin banyak yang ngiri sama pengalaman kami ngejar-ngejar trem. Daripada yang di Jakarta ngejar-ngejar bis, kami kan lebih keren ngejar-ngejar trem he he...

Popular Posts