Jakarta-Kuala Lumpur-Amsterdam

Finally saya sampe juga ke Belanda. Kawans taukah kalian, saya ni kadang suka ga ngerti deh sama diri saya sendiri. Eh bukan kadang lagi deng..., tiap kali saya juga nggak ngerti. Dulu ya saya kan pengen banget tu ke Belanda, eh maksudnya ke luar negeri. Saya pikir pada saat saya udah pasti bisa pergi saya bakalan nari-nari, loncat-loncat kesenengan. Saya pikir pada saat saya dah di bandara dan mau masuk ke pesawat saya bakalan ketawa-tawa sendiri kayak waktu pertama kali saya dapet kerjaan yang saya pengen jaman kuliah dulu. Tapi ternyata enggak lho. Saya malah sedih banget ninggalin Indonesia, ninggalin pacar saya si Jelek tercinta. Waktu baru mau check in aja saya ngerasa kesepian hiks... pengen nangis rasanya. Nanti siapa yang bakalan dimintain tolong kalo ada apa-apa. Nanti saya bisa jalan-jalan sama siapa disana, nanti waktu pulang siapa yang natain barang-barang saya di koper. Aduh pokoknya sedih banget, nyesek deh rasanya. Trus keinget mami, babe juga, ga da lagi yang icik-icik kaki saya, ga bisa makan sayur asem, ga tau kemana saya bisa beli barang-barang yang saya butuh. Sampe di pesawat saya bener-bener ngerasa sendiri sampe saya nangis. Padahal dulu bukan begini perasaan yang saya bayangin. Mana saya takut naik pesawat lagi. Dah gitu makanannya nggak enak. Saya dikasih nasi sama daging yang mungkin adalah rendang. Kayae mereka pengen nyesuaiin makanannya sama lidah orang Indo deh. Tapi ga sukses boo... Dah gitu nasinya keras banget. Hu hu lapar... Berhubung saya masih berusaha agar tidak sakit jadi saya makan barang sebutir dua butir nasi. Sumpah kagak enak.

Pesawat yang saya naiki sempet transit di Kuala Lumpur setengah jam. Saya nggak dong tuh mesti kemana. Ternyata ya kalo kita transit, bakal ada petugas yang nungguin kita buat ngasi kartu transit. Trus mereka teriak - teriak "TRANSIT... TRANSIT..." Berhubung yang ngomong orang Malaysia saya nggak gitu jelas tu mereka bilang transit. Trus daripada saya salah saya tungguin aja orang-orang yang lain. Ada yang langsung jalan aja tapi ada juga yang ambil kartunya. Trus dengan sok cool biar ga ketauan saya belom pernah naek pesawat saya tanya ke petugasnya "transit?" maksud saya "Ïni buat transit?". Trus mereka kayae bilang "Going to C3". Saya bingung lagi, C3 apa pula tu maksudnya? Akhirnya saya liat kanan kiri atas bawah dengan wajah cool C3 dimana? Oh ternyata ada ruangan tunggu bagian C3. Tapi yang ngantri banyak banget. Saya liat yang lain kok ga masuk ya, malah keleleran di luar. Yang keleleran malah bule2 gitu. Yo Oloh badannya boo gede-gede banget kayak raksasa. Saya separonya doang kali. Berhubung saya pikir mereka sudah expert bepergian pake pesawat jadi saya ikutin aja mereka (what a stupid thinking). Saya duduk di depan ruangan deket C3 itu. Saya sih berencana menghabiskan waktu dengan baca buku, tapi kok males ya. Akhirnya saya foto2 aja kartu transitnya. Buat kenang-kenangan. Saya ngerasa kesepan lagi. Pengen nangis lagi, hiks... tapi masak nangis disitu ih malu-maluin.

Terus saya jadi observer, hmmm... ada yang ganteng ga ya? Eh banyak lho ternyata eh ternyata... bule-bule semua. Saya bingung deh sebenernya lagi ada dimana yak, di Malaysia kok orang Malaysia cuma petugasnya doang. Dah gitu ada petugas lucu yang tugasnya nyariin orang. Dia teriak-teriak "Ïs there anyone going to Sidney? Sidney? Are ou going to Sidney sir?" Semua orang ditanyain. Kok jadi kayak terminal Senen "Pancoran, Cawang, Uki! mau kemana mbak, Pancoran?" Hayah... Dah gitu disitu saya berasa kurcaci, mungillll... abis yang laen tinggi besar semua even ceweknya. Dan mereka kok cantik dan ganteng ya. Huuuu ga da pasaran deh buat dapetin bule. Oh ya ada beberapa orang Indonesia tapi kok mukanya malah songong-songong ya, tidak ramah. Udah gitu kebanyakan malah naik di bisnis, wuih orang Indonesia ni memang patut dibanggakan buang-buang uangnya.

Setelah setengah jam saya ngantri lagi masuk ke pesawat. Bingung lagi deh ikut antrian yang mana. Abis ada 2 antrian. Saya pikir paling sama aja antriannya. Jadi saya ngantri ke bagian yang paling pendek antriannya. Nyampe di depan saya baru baca layar tv yang nunjukkin no pesawat. Ternyata antrian itu buat yang ke Sydney. Yailah pindah antrian yang panjang deh. Nah pas saya dah pindah ngantri si petugasnya bilang "Ämsterdam!! Move to the left!" Yailah... disuruh pindah ke antrian yang tadi.

Selama di perjalanan saya berusaha buat tidur. Abis turbulencynya bikin mual, naik turun naik turun berasa naik jet coaster. Sepanjang perjalanan saya berdoa "Duh Tuhan mudah-mudahan ga da apa-apa". Trus dapet makan lagi, tapi males ah makan... mual. Perjalanannya lama banget, hampir makan waktu 14 jam-an kali ya. Tau deh ga ngitung. Pokoknya lama banget. Saya sempet nonton Harry Potter 5 di pesawat. Trus saya tidur terus sepanjang perjalanan. Tapi berhubung ga nyampe-nyampe saya bangun trus nyari-nyari film yang bagus. Ih ternyata ada film Fame, yipiiee... tapi baru juga nonton bangian depannya eh dah nyampe ke Schipol, sial...

Nyampe di bandara saya ikutin aja orang-orangnya keluar. Begitu keluar dari pesawat kami mesti masuk ke line pemeriksaan paspor. Hadoh ini yang saya takut. Takut kalo ditanyain macem-macem. Takut kalo tas saya dibongkar. Hu hu selamatkanlah titipannya Titin. Yang lain sih lancar-lancar aja ya, tapi begitu nyampe saya petugasnya nanya "What are you going to do here?" Saya jawab Äu pair bu" Trus dia tanya lagi "Do you bring the invitation letter" matilah.. dengan grogi saya jawab "My host fam said if they processed the visa here, I don't need to bring my invitation letter" Dengan judes si Ibunya bilang "Later bring the whole documents" he he... trus dengan senyum termanis saya jawab "Thank you bu" Na saya ikutin lagi deh tu orang-orang ,tapi berhubung saya kebelet pipis saya ke kamar mandi sebentar. Ngantri boo... Pas saya keluar lho kok dah sepi ya? Saya ikutin aja sign yang nunjukin ke arah bagage line. Saya langsung nunggu koper saya di line yang penuh orang lagi nunggu. Ditungguin lama kok ga muncul-muncul tu koper. Mana badan saya kecil ga bisa maju kedepan. Pas saya dah nyampe depan, saya baca-baca deh layar diatas. Eh ternyata saya nunggu di line yang salah, He he... Itu untuk penerbangan dari Dubai. Dimulailah pencarian saya menuju ke line yang benar. Saya dah mikir aja tu kalo tas saya udah entah dimana karena saya nunggu di line yang salah lama banget. Tapi ga kok yang lain juga masih nunggu di line itu. Save.. iyeeee... Eh belum selesai, saya masih harus berjuang bawa barang-barang saya keluar. Cara make tolinya begimane kok berat amat yak dibawanya. Saya pikir roda troli saya macet jadi saya ganti deh trolinya, neng kok ga ngaruh ya? Trus ada ibu-ibu dari Malaysia yang ngajakin saya ngobrol bilang "Kamu harus tekan pegangannya waktu kamu jalan" Oo gitu toh... dari tadi kek, tiwas dah berat-berat. Ughhh Sri... Sri...

Keluar dari bagage line deg degan lagi "Huuu bakalan dibuka ga ya tas saya?" A ha ternyata tidak. Lagi capek kali petugasnya. Trus saya bisa menemukan host mom saya dengan cepat. Saya pikir bakalan kayak gimana gitu ya ketemu sama bule dan berada di negara para bule. Tapi ternyata biasa aja. Mungkin karena saya sekarang dah jadi bule kali ya?! Host mom saya orangnya menyenangkan dan cerewet, suka ngobrol gitu. Dia cerita kalo di Belanda cuacanya sekarang lagi jelek. Pas saya dateng sih lumayan dingin, dan ekspektasi saya adalah di Belanda sekarang sedang bersalju. Tapi nggak tu, pas saya dateng nggak ada salju sama sekali. Yah sayang...
Host dad saya terus nyariin prakiraan cuaca kapan akan datang salju. Kata dia sih hari Rabu. Tapi ternyata besokannya salju dah dateng. Yes kayaknya salju sambutan buat saya deh. Ternyata pas salju ga sedingin perkiraan saya, biasa aja. Hayah... Dan ternyata pada saat salju masih ada matahari, duh indah bange. Tapi saya tetep pengen pulang.

Popular Posts