Church












Entah udah berapa kali selama saya di Belanda saya nggak ke gereja. Saya nggak punya kalender euy disini jadi saya nggak tau hari ma tanggal. Lha wong kemaren hari Valentine aja saya lupa. Jangan-jangan tar ibu atau pacar saya ultah saya lupa lagi. Bukan lupa harinya, tapi lupa kalau ternyata dah hari ultahnya he he... maklum saya berasa pengangguran disini. Nah setelah sekian lama itulah akhirnya host mom saya ngingetin "Sri hari ini kamu mau ke gereja?" Hayah... padahal saya sudah tidak berniat, abis salju turun lagi pasti diluar dingin banget. Tapi akhirnya karena saya pikir diingatkan oleh host mom saya berarti juga saya diingatkan Tuhan, saya niatkan hati saya buat ke gereja. Abis makan pagi saya cek jadwal misanya di gereja terdekat. Nama gerejanya Sint Paulus Kerk. Kerk itu artinya gereja dalam bahasa Belanda. Hebat ya disini jadwal misa aja ada di internet lho. Trus saya bingung deh tu cara ngeceknya, sampai akhirnya saya ketemu jadwal misa gereja St. Paul, Amsterdam. Jamnya ada yang jam 10 pagi, 12 siang dan jam 5 sore. Trus saya berniat ke yang jam 5 aja, soalnya host mom saya sama Robin mau nonton. Dan berhubung Bodie mesti tidur jam 12 siang jadi saya jagain Bodie.

Saya berangkat ke gereja jam 4.30an naik trem. Saya pikir wah telat ni bakalan. Soalnya saya kan tetep mesti jalan dari rumah ke tempat nungguin tremnya. Trus saya juga sok pede aja gitu naik tremnya. Tapi saya excited banget, soalnya this my first time naik trem tanpa ditemenin Meli. Yihaaaa... saya ngerasa bangga sama diri saya sendiri he he... Saya nginget-nginget aja jalur yang waktu itu saya lewatin sama Meli, naik jalur berapa dan mesti turun dimana. Dan dengan mulusnya tanpa nyasar-nyasar saya bisa nyampe ke gereja. Udah gitu ternyata saya nggak telat lho. Ya ampun untuk pertama kalinya saya nggak telat dateng ke gereja. Saya cuma butuh 15 menit buat nyampe sana. Jalan ke depan paling 10 menitan doang kali ya. Naik trem paling butuh sekitar 5 menitan. Wow... cepat sekali.

Saya mesti agak jalan sedikit buat nyampe ke gerejanya, nggak gitu jauh kok. Nyampe gereja saya nyari-nyari pintu masuknya. Soalnya semuanya tutupan. Waktu saya coba buka pintunya, ternyata dikunci. Waduhhh... apakah saya salah liat jadwal? Terus saya cari-cari siapa tau ada tanda-tanda yang menunjukkan jadwal misa. Ternyata ada di atas pintu. Ternyata jadwalnya cuma ada hari Sabtu jam 10 pagi dan hari Minggu jam 7 malem. Hari biasa ada juga kalo nggak salah sih jam 9an pagi deh. Yah terus saya ngapain dong disitu. Mana ga ada satu pintupun yang dibuka lagi. Kok nggak kayak di Indonesia ya, yang walaupun nggak ada misa tapi tetep aja ada pintu yang dibuka buat jemaat yang mau pada doa. Jadi saya nggak bisa masuk juga. Akhirnya saya keliling ke sekiatr gereja, nyari siapa tau ada pintu yang kebuka kek atau ada orang yang mau masuk ke gereja juga. Tapi nihil... jadi saya jalan-jalan ada disekitar situ. Kebetulan di belakang gereja ada perumahan jadi ada tamannya. Trus di samping taman ada sungai yang lumayan gede. Dipinggir sungai itu berderet rumah-rumah keren yang punya dak buat nambatin perahu. Wuihhh... kerennya. Saya foto-fotoin daerah situ. Rencananya sih mau saya up load di blog ini. Tapi saya nggak bisa lama-lama soalnya udara dingin. Tapi kalau buru-buru pulang rugi juga. Kapan lagi saya bisa jalan-jalan sendirian. Trus saya coba lagi nyari pintu yang dibuka, tapi ga ada juga. Saya sempet denger di dalem ada yang latihan koor. Dan lagunya kayak lagu-lagu gereja di Indonesia. Apa saya yang salah denger ya gara-gara kangen sama Indonesia?! Terus waktu mereka nyanyiin Give Thank's itu kayak yang nyanyiin orang Indonesia gitu, jadi saya dengerin deh sampe abis. Saya bener-bener kangen deh sama Indonesia. Tapi abis itu saya tunggu-tunggu lagi mereka nyanyi, eh ternyata mereka dah pada pulang. Sial... Ya sudah saya pulang juga akhirnya, daripada mati beku diluar.

Popular Posts