Amsterdam-Hilversum-Utrech-Breda

Hari Jumat malem minggu kemaren saya ke tempat Meli di Hilversum. Saya naik kereta sendiri lho, yipiiee... Sudah bertambah satu keahlian saya buat menjelajah Belanda. Dari Schipol saya naik kereta yang jam 19.19. Disini setiap mau pergi naik bis, kereta atau trem alangkah baiknya kalau kita cek dulu jadwal keberangkatan kereta. Terutama kalau kita buru-buru. Supaya nggak ketinggalan. Berhubung di rumah waktu itu kakaknya host dad saya dateng, saya berangkat setelah makan malam. Nungguin dianter sampai ke Schipol, soalnya kalau naik kereta dari Schipol agak susah. Nggak ada trem kesana, saya belum tau apa ada bis yang bisa kesana atau nggak. Nanti deh saya cari tau. Saya berangkat dari rumah jam 7 an lebih deh kalo nggak salah. Saya belom selesai tu beresin dapur dan nyuciin panci-panci. Tapi kata house dad saya "Sri selesai ga selesai you still has to go, otherwise you will late". Jadi ya sudah lari-larilah saya. Kami sampai di Schipol sekitar jam 19.14, jadi kata host dad saya "Yak you still have several minutes, you'd better run". Hiyaaaa... jadi saya lari-lari ke loket buat beli tiket. Duh please jangan mpe ngantri deh. Dan untungnya ga ngantri. Sambil berharap masih bisa dapet tiket ke Hilversum yang jam itu saya tanya ke petugasnya "Is there any direct ticket to Hilversum?" Yes" kata petugasnya. "What time is the train?" tanya saya. "You still have three minute to run" Matilah... Yak run run run... Nyampe di platform 3, keretanya udah ada. Saya masuk, tapi saya tanya ke mbak mbak yang ada disitu bener nggak kereta itu kereta yang ke Hilversum. Tapi kata mbaknya bukan he he... salah, ternyata keretanya belum nyampe. Baru kereta yang berikutnya yang ke Hilversum. Tapi keretanya kok bagus ya, nggak kayak yang dulu saya naikin sama Meli itu. Tapi waktu saya tanya ke mas-mas yang disitu emang bener kok itu kereta yang ke Hilversum. Fiuh... bisa santai selama setengah jam.

Nyampe di Hilversum saya nyari-nyari Meli. Mana ya tu anak katanya mau jemput. Apa saya ga dijemput ya. Saya aja kali yang geer mikir Meli meh jemput. Atau jangan-jangan dia masih dijalan. Coba jalan ah... siapa tau tar ketemu Meli di jalan. Trus saya jalan deh, sambil nginget-nginget jalan yang dulu waktu ke stasiun sama Meli. Eh ternyata masih inget. Ada beberapa jalan yang saya lupa sih, tapi saya pede aja. Trus hampir nyampe ke tempat Meli saya ketemu dia sambil bawa sepeda mau jemput saya. He he pas udah mau nyampe. Duh bangganya saya sama diri saya sendiri, he narcistist.

Hari itu agenda pertama di tempat Meli adalah makan mpek-mpek. Ya ampun saya tu memang selalu beruntung, pas kangen pengen makan mpek-mpek eh Meli bikin mpek-mpek pas ngimpi-ngimpi pengen indomie eh Meli punya Indomie, he he...senang. Duh berasa Indonesia tu cuma sak lemparan buto. Sambil makan kami nonton film Pirates of Caribean. Film jaman jebot yang ternyata kami berdua belum nonton. Ternyata filmya kocak lho, saya pikir film serius. Ari punya 3 serinya Pirates of Caribean itu, jadi kami berencana nonton sampe kelar. Hari pertama kami kelar nonton disc 1, biarpun saya dah setengah tidur.

Trus hari keduanya, which is hari Sabtu. Saya nemenin Meli belanja di pasar. Beneran pasar lho, pasar traditional gitu. Tapi ya tetep gak bisa ditawar. Tapi bentuknya beneran pasar traditional gitu, bukanya tiap hari Sabtu. Yang dijual ada macem-macem mulai dari sayuran, buah-buahan, bunga, keju segede-gede gaban, ikan, daging, ayam, baju, dll deh. Letak pasarnya di sentrumnya Hilversum. Saya sempat nyobain makanan khas Belanda ikan-ikanan gitu, apa ya namanya lupa. Yang saya bukan Haring lho, ikan mentah itu. Yang saya makan telur ikan yang digoreng tepung. Rasanya ya gitu deh, enak tapi ga gitu enak. Gimana tu... Saya ga mau nyobain ikan haringnya, abis masa mentah gitu sih. Mana saya liat bapaknya ngebetetin ikannya. Ih ogah deh makannya. Dari pasar, kami melanjutkan perjalanan ke toko yang ngejual bahan-bahan makanan dari Indonesia atau asia. Ternyata disini hampir disetiap kota pasti ada lho toko Indonesianya. Krupuk sama emping bahkan jadi makanan yang biasa but orang Belanda. Packagingnya lebih bagus lagi, krupuk bungkusnya kayak taro kalo disini. Di toko kami beli tepung bumbu buat bikin jamur goreng, tapi cuma dapet satu. Huuuu... kangen sama jamur goreng.

Dari situ kami ke pusat pertokoan di centrum. Deket kok cuma depan-depanan aja. Eh kami pergi-pergi itu naik sepeda lho, senangnya. Akhirnya impian saya terkabul juga naik sepeda diantara pohon-pohon besar. Rumah-rumah di Hilversum kan segede-gede apa tu. Pohon-pohonnya juga gede-gede banget. Pokoknya Moois alias bagus.

Di Centrum saya nyari kado buat temen saya (Lagiii?!). Setelah berlama-lama nyari, bingung-bingung akhirnya kami eh saya memutuskan untuk ngasih temen saya etalasje. Itu lho yang tempat buat naro atau majang makanan buat tamu. Kata Meli merek suka ngemil jadi pasti akan berguna, dan bentuknya elegan pula buat ditaro di ruang tamu. Mudah-mudahan kepake deh. Dari situ kami ke Bagel and Beans, Cafe langganannya Meli buat ngecengin bule he he... Makanannya lumayan mahal saya bilang, dan berhubung saya ga suka ngopi tiap kali ke cafe sekarang saya belinya hot coklat. Lumayan buat ngangetin badan. Setelah capek ngobrol ngalor-ngidul-ngetan-ngulon kami mampir ke Zara. Biasa setelah tergoda oleh bujukan Meli untuk membeli baju akhirnya saya beli satu sweater item harga 6 atau 7 an Euro kalo ga salah. Kalo di kurs si masi mahal, tapi mana bisa di Indo dapet sweater Zara harga segitu. Biasa itu bujukannya Meli sih, dia sendiri malah ga beli. Sial...

Balik dari Centrum kami melanjutkan nonton Pirate of Caribean yang seri 2 dan 3. Pokoknya malam itu harus selesai nonton. Sambil ngantuk-ngantuk kami bikin chese cake buat Binta. Weleh chese cake itu perasaan isinya kok lemak semua yak. Nah besoknya saya sama Meli ke Breda tempat Binta. Kami naik kereta dari Hilversum ke Utrech dulu baru dari Utrech kami naik bis. Soalnya harganya lebih murah. Dari rumah saya diboncengin Meli naek sepeda. He he takut telat lagi... Gile disini Meli jadi strong woman. Tadinya saya mau sekalian buat korting kart, tapi nggak bisa soalnya saya belom punya nomor rekening. Jadi kalau mau bikin korting kart kereta, selain mesti bawa foto sama ID, kita juga disuruh ngisi no rekening kita. Soalnya taon depan secara otomatis rekening kita bakal didebet buat bayar korting kart taon depan. Nah kalo taon depan saya dah balik indo, saya mesti ngelaporin ke customer service supaya uang saya di rekening ga didebet. Ribet amat yak...

Perjalanan saya ke Breda lumayan menyenangkan. Lagian ga kerasa juga lha wong sepanjang perjalanan ngobrol mulu. Di tempat Binta isinya makan-makan. Duh mpe kenyang banget ni perut. Waktu mau pulang, saya sama Meli salah liat jadwal. Kami pergi jadwal bisnya jam 6 sore eh ternyata jam 7 lebih. Terpaksa deh balik lagi ke tempat Binta. Kalau disini kalau salah liat jadwal nggak bisa nunggu lama-lama di halte. Dingin banget, nunggu sejam lumayan juga bikin badan mati rasa kedinginan. Tapi seneng deh bisa ngumpul-ngumpul, kayae disini hal yang paling saya tunggu-tunggu adalah bisa maen dan ngumpul sama temen-temen saya.