About the Netherlands

Selama seminggu saya di Belanda udah banyak kebiasaan-kebiasaan orang-orang sini yang saya amati. Kebiasaan pertama yang saya amati waktu pertama kali saya dateng adalah orang-orang Belanda itu walaupun cuma di dalam rumah tapi udah dress up gitu. Mereka udah pake pakaian bagus dan pake sepatu di dalam rumah. Kalau di Indonesia kan biasanya kalau di rumah ya keliatan nglomprot gitu kan. Kalau ibu-ibu biasanya pake daster, bapak2 pake celana pendek atau apalah. Pokoknya terlihat santai. Kalau mau pergi aja kan pada rapi. Nah kalau orang Belanda enggak. Abis bangun tidur emang mereka pake piyama aja. Tapi nanti langsung ganti pake baju yang bagusan ga peduli mau pergi atau enggak. Tadinya sih saya pake baju rumahan kayak biasanya di Indo. Tapi orang disini tu kalau mau pergi ga pake persiapan lama-lama. Jadi kadang mereka kalau ngajakin saya pergi harus nungguin saya dandan. Lama-lama saya nggak enak, jadi ya udah saya juga ikutan pake baju pergi deh dari pagi-pagi abis mandi.Yailah kayak tiap pagi mandi.

Trus ya, dulu saya pikir boots itu tu cuma buat gaya-gayaan aja. Maksudnya ga gitu perlu-perlu banget gitu. Waktu saya diajakin pergi saya tetep aja pake sepatu saya yang trepes. Emang sih waktu itu pas lagi salju, tapi masih ada mataharinya jadi saya pikir ga masalah. Tapi trus host mom saya nanya saya punya boots nggak, soalanya kalau saya pake sepatu biasa air dari salju yang mencair bakalan masuk ke sepatu dan kaki bakalan sakit kedinginan. Jadi saya di pinjemin bootsnya host mom saya, huuuu keren saya pake boots.

Kebiasaan kedua yang saya dapet adalah orang-orang di Eropa ini kalau mandi cuma sekali sehari. Hodoh kalau nurutin mereka kulit saya yang sudah penuh kadas dan kurap ini bakalan semakin merajalela gatal-gatalnya. Jadi biarpun di Indo saya males mandi tapi disini saya tetep mandi dua kali sehari. Kata Meli mah kalau mandi 2 kali sehari nanti kulit bisa kering. Ga peduli ah, daripada badan saya gatel-gatel. Biasanya mereka mandi di malam hari kalau mau tidur. Disini saya rajin mandi soalnya pake air panas tiap hari. Berhubung udaranya amat sangat dingin, biasanya saya berdiri terus dibawah shower. Soalnya badan yang ga kena aer pasti kedinginan. Disini semua ruangan pake penghangat ruangan yang disebut Verworming. Bahkan sampe ke kamar mandinya juga ada. Panas yang dihasilkan oleh verworming ini asalnya dari gas yang disalurkan ke rumah-rumah. Sama kayak pemanas air dan gas yang untuk masak. Kalau di Indonesia biasanya orang-orang punya AC, disini pada punya pemanas ruangan. Kalu enggak ada pemanas di rumah, Hadohhh ga kebayang.

Kebiasaan lain adalah orang Belanda ini suka banget olah raga. Biar dirumah mereka punya mobil tapi kemana-mana biasanya mereka pilih naik sepeda. Kalau punya anak kecil, biasanya sepedanya ada dudukannya yang buat anak kecil. Dan sepeda yang dipake pun khusus loh, bukan yang sembarang sepeda. Saya liat tuh tetangganya host mom saya yang anaknya dua. Tiap pagi mereka anter anak-anaknya ke sekolah naek sepeda. Lengkap pake pakaian perang musim dingin. Pantes aja ibunya masi pada semok, kagak ada lemak-lemaknya kayak ibu-ibu di Indonesia. Dan rata-rata ya ibu-ibu disini tetep aja gaya biar udah ibu-ibu. Pakaian rumah maupun pergi tetep keren. Pengen deh bisa jadi ibu-ibu kayak gitu. Disini saya juga dikasi sepeda. Tapi sepedanya ya itu yang ada boncengan anaknya. Jadi kalau saya jemput Robin ke sekolah, saya bawa Bodie pake boncengan. Tapi saya nggak berani ah, anak orang saya boncengin tar kenapa-napa lagi. Mana sepedanya gede bener lagi, ngeliatnya aja udah serem. Jadi saya pilih jalan kaki aja kalau jemput sekolah, pake stroller sambil bawa Bodie. Nggak masalah biar butuh waktu hampir satu jam juga buat nyampe ke sekolahnya. Ga boleh ngeluh, orang sini aja bisa masak saya nggak. Manja bener... Jadi waktu pertama kali saya jemput Robin dianterin Meli saya sok kuat aja, padahal yo Oloh ni paha dah gempor.

Nah kalau tiap salju turun lebih seru lagi. Karena jalanan ketutup salju jadi orang-orang Belanda biasanya pada takut buat naik sepeda waktu anterin anaknya. Licin boo jalannya. Kalau pas ada saljunya sih ga masalah, na masalahnya malah waktu salju itu mencair. Licin banget, beneran deh... Kalau udah gitu biasanya para ibu-ibu ini prefer untuk jalan kaki sambil anaknya ditarik pake slay. Slay itu kayak papan luncur yang bisa dinaikin sama anak-anak. Bentuknya macem-macem dan lucu. Pernah sekali saya narik bodie pake slay waktu kapan itu dia ngajakin jalan-jalan keluar. Saya udah bawa stroller tapi dasar Bodie dia pengen narik slaynya. Ya udah saya biarin aja dia jalan sambil narik slaynya trus saya jalan disebelahnya sambil bawa stroller. Jaga-jaga aja kalau dia capek dan pengen duduk di stroller sambil tetep narik slaynya. Tapi waktu pulang ternyata dia pengen ditarik pake slay, ya udah saya iketin aja tali slaynya di stroller. Trus saya tarik deh, ngengggg... He he he ga berat kok ternyata. Ya iyalah badan Bodie segede apa sih.

Biarpun tiap hari kayaknya orang Belanda itu udah olah raga yang tanpa disengaja, kayak naik sepeda tadi, ngegiring stroller kemana-mana, jalan kaki dan narik slay di musim salju, tapi tetep loh mereka rajin ngegym. Host mom saya yang tiap hari sibuk bener aja, tetep disempet-sempetin ngegym tiap libur. Hiks... kapan ya bisa begitu. Saya mah, tiap hari jemput Robin aja saya udah berasa ngegym kok. Ga perlu lagi lah ke Gym.

Sekarang cerita soal rumah. Saya suka banget deh sama arsitektur rumah-rumah disini, simple-simple banget. Rumahnya perasaan ga yang banyak detail gitu. Kalau di Indonesia kan semisal dia orang kaya, pasti rumahnya bakalan dihias-hias kayak apa tuh. Tapi disini tu enggak, biarpun mereka sekaya apa sekalipun kayaknya rumahnya sama aja deh kayak yang lain. Mungkin ukurannya yang beda, tapi arsitekturnya tetep sederhana, simple tapi cantik. Perabotannya juga biasa aja, tapi pemilihan perabotannya bener-bener bikin rumahnya keliahatan cantik. Kayak rumah-rumah yang ada di majalah gitu lho. Biasanya ibu-ibunya suka banget menghias rumah dengan pernak-pernik simple. Kayak host mom saya, biasanya dia bikin sendiri hiasan-hiasan yang ada di rumahnya. Ibu-ibu disini jago-jago lho bangsanya ngerajut, bikin pachtwork (bener ga si nulisnya?) atau apapun yang sebangsa itu. Mereka wanita carier tapi masih nyempetin bikin-bikin baju, shall, sweater buat anak-anaknya. Trus tiap kali ada perayaan apa kan biasanya ngado tuh, banyak yang prefer bikin sendiri kadonya. Ih hebat euy...

Disini sampah aja ngebuangnya ribet. Mesti dipisah-pisahin dulu antara sampah plastik, kertas, sama botol. Soalnya sampah-sampah itu bakalan di daur ulang. Kata orang sini sih, biar peduli lingkungan. Tempat-tempat pembuangan sampah itu biasanya ada di komplek-komplek rumah dan pertokoan. Jangan harap bakalan ada tukang sampah yang ambil. Bawa sendiri dong, trus dipisah-pisahin sendiri dari rumah. Tempat sampahnya udah ada tandanya, mana yang buat sampah kertas, yang buat sampah rumah tangga dan botol. Sampah botol lebih ribet lagi, harus dipisahin sesuai warna botol. Pemisahan kalau nggak salah berdasarkan tiga warna, merah, putih dan coklat. Nggak ngerti juga ya kenapa begitu. Jadi kadang-kadang, orang sini bisa tu mau belanja tapi bawa-bawa sampah. Soalnya mau sekalian buang sampah.

Hal lain yang menyangkut sama keramahan lingkungan adalah, disini kalau mau nyuci baju nggak bisa sering-sering. Biasanya sih dikumpulin dulu mpe bener-bener banyak baru deh dicuci. Host mom saya kan mau dia aja tu yang nyuci sama ngeringin baju, soalnya ada baju-baju yang nggak boleh masuk pengering dan tiap baju beda cara pencuciannya. Jadi daripada saya salah waktu ngerjainnya mending dia bagian nyuci saya bagian nyetrika. Tapi waktu awal dan sampai sekarang pun kan saya ga enak, masa baju saya mpe sepakaian dalemnya dicuciin. Ih kan ga lucu... Tapi ya begimana lagi, lha wong emang nyucinya seminggu sekali aja. Tapi saya suka nyolong-nyolong. Saya kumpulin aja baju-baju saya mpe banyak banget trus saya cuci sendiri. Ga perlu dipisah-pisahin warnanya. Abis orang sini itu, atau entah host mom saya doang, kalau nyuci mesti dipisahin berdasarkan warna. Jadi warna putih sendiri, item sendiri dan warna lain sendiri. Dan sabun cucinyapun berdasarkan warna lho. Weleh... hidup disini mana bisa irit.

Kalau masalah makanan, sekarang saya dah terbiasa sama makanan disini yang saya pikir snack doang. Biasanya makanan pagi sama siang disini itu cuma simple doang, cuma roti aja atau telor. Rotinya serah-serah deh mau diapain, telornya juga terserah mau diapain dan mau pake apa. Tapi biasanya sih itu. Biasanya yang lebih bervariasi itu makan malemnya. Tapi kagak ada sayuran berkuahnya, semua kayaknya kering model tumisan yang bumbunya cuma garem ma merica, sayur di kukus dikasih keju (enak lho), atau salad. Saya belom liat ada variasi makanan yang laen. Selaen sayur, temen makan malem yang lain adalah daging atau ayam dan karbohidratnya didapat dari pasta atau kentang. Gitu-gitu aja kagak ada yang lain. Jadi waktu saya disuruh masak ya gampang aja, saya bikin tumisan aja sayur yang ada. Tapi beneran deh waktu pertamakali saya disuruh masak, saya bingungnya setengah mati, takut makanan saya ga enak. Akhirnya si menurut saya ya lumayan, tapi ga tau ya buat mereka enak pa enggak. Nah biasanya nih saya suka nyimpenin makanan sisa tadi malem buat makan pagi atau makan siang besoknya. Abis orang sini kalau makanannya ga abis cuma dibuang sih, sayang kan...

Popular Posts