Why the decision is made?

October 9, 2009

Tadinya saya selalu bilang ke orang-orang untuk jangan keluar dari tempat kerja sebelum dapat kerjaan yang baru. Tapi setelah saya ngalamin dimana ada satu titik yang membuat saya harus ngambil keputusan keluar dari tempat saya kerja nggak peduli udah dapat kerjaan atau belum, saya jadi bisa ngerti kenapa banyak orang yang ngambil keputusan ini. Dan kenapa saya ngambil keputusan ini?! Karena saya ngerasa udah cukuplah saya uring-uringan karena kerjaan saya. Sudah saatnya saya bersenang-senang.

Waktu saya mutusin untuk nggak ngelanjutin kontrak, saya amat sangat percaya diri. Saya yakin pasti nanti ada jalan kok setelah ini. Saya yakin saya nggak bakalan nganggur lama. Tapi waktu saya ditanya “Sri katanya mau resign ya?” trus saya jawab iya, pasti pertanyaan selanjutnya adalah “Udah dapet dimana?” Orang-orang pasti bakalan nggak percaya waktu saya bilang “belum nyari”. Mereka pasti bakalan ngasi nasehat yang sama kayak saya ngasi nasehat ke orang lain yang punya keputusan sama seperti saya. “Ya udahlah disini aja dulu, kan udah enak”.

Huh… saya jadi ngerti perasaan mereka, orang-orang yang enggak tahan sama situasi kantornya dan milih tetep resign biar belom dapet gawean, karena sekarang saya ngalamin. Karena omongan temen-temen saya yang minta saya tetep stay dulu itu, saya juga sempet ngerasa nggak pede. Duh iya ya… mau ngapain coba saya nanti. Gimana kata orang nanti kalau saya nganggur, apa iya saya bakalan bisa dapat kerjaan dengan cepat? Nggak enak banget rasanya… Tapi trus saya pasrah… Terjadilah apa yang harus terjadi.

Sempet saya ngobrol sama si Jelek, cerita kenapa ya kok saya harus bersusah payah meyakinkan orang lain pada keputusan saya. Bahkan pada bapak saya yang biasanya bisa menerima segala macam keputusan saya pun, saya harus menjelaskan dengan sudah payah. Saya terangin soalnya saya pengen punya usahan sendiri, udah dua tahun saya mesti move on, kontrak saya udah habis kalau diperpanjang nanti keenakan atau apalah… tapi itu hanya sebagian kecil alasan, alasan terbesar saya mungkin karena saya memang sudah nggak pengen kerja di Perusahaan ini lagi. Mungkin saya sudah cukup muak untuk bekerja sendiri, untuk nyelesaiin semuanya sendiri, untuk diberi tanggung jawab-tanggung jawab yang harus saya pikul sendiri, untuk dikejar-kejar, ditanya ini itu yang sebetulnya bukan kerjaan saya, dan alasan terbesarnya adalah untuk lembur sendirian. Duh saya paling nggak tahan deh kalau lembur sendirian, malem-malem pula… Rasanya sama kayak kalau saya sendirian di kosan. Saya ngerasa nggak punya temen. Saya pengen temen-temen saya ngerasain pontang-pantingnya saya. Ngerasain keselnya saya berkonfrontasi dengan orang lain. Ngerasain harus lembur sendirian kayak saya. Ngerasain ngerjain sesuatu yang belum pernah sama sekali saya kerjain, sendirian. Sepertinya itu alasan yang lebih pas, yang tentu saja nggak bisa saya omongin ke orang-orang. Intinya saya pengen cari perusahaan lain yang mau ngehargai saya lebih tinggi dari disini. Jadi atau enggak saya ke Belanda, saya mesti secepatnya keluar dari perusahaan ini.

Saya sempat sakit hati lho, waktu ada yang bilang “trendnya sekarang keluar setelah dapat THR”. Saya kesel, saya bela-belaiin nggak nyari kerja sebelum saya keluar, saya bela-belaiin selesaiin kontrak saya tapi kok saya nggak dihargai ya. Saya dianggap sama aja, nunggu dapat THR baru saya keluar. Saya pikir ngapain ya saya mesti capek-capek ngejelasin, toh mereka nggak akan ngerti. Makanya ni saya sedang menyusun kata-kata perpisahan sama teman-teman kantor saya. Saya mau bikin dalam bahasa Indonesia aja ah. Biar pesan saya lebih tersampaikan. Here we go:

Dear all,

Bapak, Ibu teman-teman karena kemarin adalah hari terakhir saya bekerja disini. Karena itu salah satu hal yang ingin saya lakukan adalah mengucapkan terima kasih. Dua tahun mungkin belum cukup lama untuk saya mempelajari semuanya yang ada di Universitas ini, karena sepertinya kok setiap hari pasti ada pelajaran baru ya. Tapi diantara sekian banyak pelajaran yang saya terima itu, saya amat berterima kasih karena setidaknya sebagai orang Jawa sekarang saya sudah berani untuk mengatakan “tidak !”. Saya nggak perlu ngerasa nggak enakan lagi. Karena kalian sekarang saya tau kapan saya harus bersikap lemah lembut, kapan harus galak, kapan saya harus judes, kapan harus nendang, kapan harus menjilat, dan kapan harus nyakar. Makasi lho pelajarannya. Saya tau pasti akan sangat berguna.

Buat bapak Ceria, maaf nanti saya nggak bisa bantu pak Ce lagi ngerjain PPH. Tapi terima kasih ya pak ilmunya. Setidaknya untuk bulan ini saya nggak begitu sering nelphone pak Ce untuk ngerjain PPHnya. Tolong ajari mbak Nop2 ya nanti. Kalau pak Ce udah ajari dari jauh-jauh hari mudah-mudahan sih nanti di bulan Desember ngerjainnya nggak perlu lembur-lembur.

Buat Bu Ceria, iya ya saya baru inget kalo di akhir tahun ada rekonsiliasi he he he… Tapi bukan gara-gara tahun lalu mesti lembur-lembur juga lho trus saya keluar. Nggak bu… kalo cuma gara-gara itu mah ngapain sampai tahun ini saya masih disini coba. Oya rekapnya yang buat rekosiliasi gaji dah saya cicil kok, tar tinggal mbak Nop2 terusin untuk bulan berikutnya.

Bu Centil ada banyak film lucu yang perlu ditonton lho. Bisa ngilangin pusing, coba deh. Jadi tar ibu nggak perlu sering-sering nggak masuk, kalau jarang sakit. Oya nanti kalau mbak Nop2 perlu lembur, ditemenin ya. I know how it feels when I was working over time without friends. Lonely…

Bu Datar ada banyak tempat lho di luar sana yang perlu dikunjungi. Bersenang-senanglah.

Bu Montes, Eropa sudah menunggu untuk dikunjungi olehmu. Ayo bu kapan minum wine di trotoar kafenya?

Mbak Nop2, inget ya mbak“ Jika engkau menginginkan sesuatu seluruh jagat raya akan bersatu padu membantumu”.

Mbak Hanceta do you remember how much tear we wept during this two years. It gonna be one of my forgetful moments with you. “Selamat menempuh hidup baru”. Pasti hidupmu bakalan lebih hidup. Aku lagi suka pake kata “pasti” ni mbak. Kalau pake “semoga” kesannya belum tentu terjadi gitu. Contohnya “mbak Hanceta selamat menempuh hidup baru, aku tau kamu pasti selalu bahagia”. Gitu… lebih optimis kan?!

Buat Bapak Ganteng terima kasih sudah berani mengambil resiko untuk menerima saya bekerja. Saya nggak tau waktu itu bapak nerima saya karena terpaksa karena nggak ada yang lain atau karena bapak yakin saya mampu. Kalau nanti saya dapat pekerjaan baru saya berharap bos baru saya nggak kalah ganteng dari bapak. Ho ho ho ho…

Untuk pak Ganteng 2, pak udah cukup pak berdoanya. Now it’s time for you to do something finding someone precious out there. Then if you finally sing Barbara Streisand and Bryan Adam’s song “I finally found someone” don’t forget to invite me ya. Life is too precious to experience it without someone to accompany. Enjoy…

Pak Lempeng terima kasih banyak pak pelajarannya saya pasti selalu inget deh.

Pak Desa, pak Beruang Kutub, yang kompak ya, jangan berantem mulu. Buat pak Beruang Kutub thank you ya pelajarannya. Walaupun tanpa kau sadari I learnt to ha ha hi hi in every complicated situation from you lho. Keep doing it ya, it gonna make you stress less.

Pak Mata Merah makasi ya pinjeman chargernya setiap hari. He he he bapak adalah penyelatku dari kebengongan jemploku saat batere HPku abis.

Mas Kampret masih ingatkan dirimu cerita tentang Andy F Noya dan dua tikusnya? Pasti lupa, buka websitenya Kick Andy. Mungkin enak jadi orang bebas yang belum punya tanggungan ya, tapi sepertinya punya keluarga yang akan mensupport kita untuk segala keputusan sulit atau mudah dalam hidup pasti lebih enak kan. Hence no comparison ya punya buntut atau enggak, do everything you wanna do cause family is our biggest motivator to be succeed.

Sanceta, Merlince… hayoo siapa yang bakal duluan nyusul pak Gembul?! Bukan saya bu Ce, saya masih lama.

Mbak Naena, now or never mbak. Kalau mau buka usaha do it, tar modal pasti datang deh. Aku percaya, mbak juga harus percaya!! Tapi percaya aja nggak cukup, jadi mesti usaha. Na kalau usahanya nggak dimulai-mulai, kapan percayanya kalau kita bisa. Ribet ya? Makanya dipikirnya yang simple aja.

Mbak KD… tahun depan punya rumah ya. Konsultan keuangan bilang tabung 30 persen dari penghasilanmu. Na kalau saya bilang tabung 70 persen penghasilanmu, 30 persen untuk kebutuhan hidupmu he he he…

Pak Donce, pak Bibir maafkan dengan virus-sirus saya di computer. Memang nyusahin, tapi sampe sekarang belum ilang. Minta bantuannya ya pak.

Siapa lagi ya. Sepertinya yang lain nggak perlu pesan-pesan khusus. Oh ya…

Untuk kerjaan-kerjaan saya nanti, saya udah hand over ke bu Centil dan mbak Nop2.

1.Untuk urusan expat, payroll dan pajak l mohon kontak mbak Nop atau pak Lempeng.
2.Untuk urusan administrasi, kontrak dan segala macam tetek bengeknya bisa hubungi bu Centil.

Kalau ada yang mau curhat, mau ngegosip atau mau cerita-cerita sama saya, bisa email saya ke Sritumince@gmail.com. Jangan telephone atau email saya untuk nanyain kerjaan. Kemaren saya udah luangin waktu saya yang berharga untuk hand overin semua kerjaan saya selama sebulan, jadi jangan ganggu liburan saya ya. Kalau ada yang belum jelas, saya udah tulisin semua kerjaan saya di computer, silahkan dibaca. Kalau belum jelas silahkan kontak PICnya ya. Kalau masih nggak jelas, siapa suruh kemaren nggak nanya.

Terima kasih semuanya. Tadinya saya pikir saya bakalan senang keluar dari sini. Tapi ternyata setiap kali ada yang tanya betul enggak saya mau keluar, duh sedih… pengen nangis rasanya. Walaupun banyak hal ngeselin yang saya alami disini, tapi ada lebih banyak hal yang menyenangkan.

Thank you and Regards,
Sri Tumince

Popular Posts