WHEN EVERYTHING GOES WRONG

November 19, 2009

Hari ini entah sudah hari dan minggu keberapa saya nganggur nggak ada kerjaan. Gini ni kalau lagi nggak punya tanggung jawab. Jadi ngerasa nggak perlu lihat hari dan nggak perlu tau tanggal. Tau-tau udah sampe minggu keberapa gitu saya nggak punya kerjaan setelah resign dari kerjaan saya kemaren. Dua hari setelah saya resign saya langsung pulang ke Jogja. Soalnya kalau saya nggak langsung pulang, uang tabungan saya bakalan abis cuma untuk biaya hidup disana. Kalau di rumah kan saya bisa nebeng makan sama bapak ibu. Tapi ternyata nggak juga lho. Justru karena saya nggak perlu keluar uang untuk makan dan kos, saya malah ngehambur-hamburin uang buat maen. Secara disini saya ketemu sama teman-teman lama saya, na kapan lagi kami bisa maen kesana-kesini bareng lagi. Mumpung ketemu…

Selama saya jobless, banyak banget kejadian–kejadian yang terjadi dan masalah yang muncul. Saya juga nggak tau tu kenapa masalah-masalah muncul pada saat saya gak punya kerjaan. Kalau ada kerjaan kan setidaknya saya tau I can rely on my job. Pertama, saya dapet kabar kalau Mandiri ngebatalin KPR saya soalnya saya dah keluar kerja ho ho ho. Selain emang udah dibatalin juga. Hebat ya Tuhan, padahal kan bisa aja Tuhan memilih untuk nggak ngasi tau Mandiri kalau saya udah nggak kerja disitu lagi. Tapi why She/He choses the opposite way? Mikirin hal itu bikin saya senyun-senyum. Apa ya rencana Tuhan untuk saya selanjutnya?

Kedua, ternyata eh ternyata sodara sodara dokumen saya yang selama ini saya tunggu-tunggu dari negeri Belanda sana untuk apply visa nggak selesai-selesai soalnya keluarga yang mau saya jadi au pair mereka itu belum nyerahin dokumennya ke agent, sehingga agentnya gak bisa apply visa buat saya. Oh My God… kenapa coba saya taunya baru sekarang. Kalau dipikir-pikir kan Tuhan bisa aja ngasih tau saya dari beberapa bulan yang lalu. Lha wong saya udah nungguin dokumen itu dari 5 bulan yang lalu kok. Kenapa saya baru taunya sekarang pas saya jobless begini? Pengen rasanya saya jedot-jedotin kepala saya ke meja he he … Tapi ya saya pikir-pikir buat apa saya menyakiti kepala saya. Nggak bakalan bikin masalah saya beres.

Setelah masalah-masalah itu muncul rasanya hari-hari saya cuma diisi dengan pikiran bagaimana caranya supaya masalah saya itu cepet kelar. Saya pengen banget pasrah, ya sudahlah kalau memang saya nggak boleh ke Belanda, ya sudahlah kalau sekarang saya belum boleh punya rumah. Tapi kok kayaknya itu bukan saya ya. Dari dulu saya selalu mikir saya itu orang yang susah untuk dapetin sesuatu. Kalau orang lain hanya perlu mencoba satu kali, saya ini tipe orang yang harus berusaha dua atau tiga kali lebih keras. Tapi kalau berdasarkan teorinya the Secret ya, apa iya justru karena pikiran itu makanya saya malah sering kali tidak dikasi kemudahan ya kalau mau apa-apa.

Untung saat-saat kayak gini saya banyak inget cerita-cerita yang bikin saya kuat. Kalau enggak bakalan gawat, percaya sama diri sendiri aja kayaknya susah. Pas kayak gini tu, paling enak adalah bersyukur. Bersyukur kalau masih banyak orang lain yang dapat masalah lebih berat dari saya. Klise ya, soalnya bersyukur itu susah lho. Kadang kalau pas lagi punya masalah kayak gini serasa masalah kita itu tu yang paling berat di seluruh dunia. Padahal masalah kita lebih ecek-ecek kali kalo dibanding yang lain. Yang paling bikin down lagi adalah saat dimana saya jadi nggak pede sama diri sendiri. Hiks saya jadi nggak percaya diri. Saya jadi nggak percaya sama kemampuan saya. Padahal itu yang saya butuhin sekarang. Percaya bahwa saya bisa. Percaya bahwa apapun masalahanya pasti bisa saya selesaikan dengan baik. Percaya bahwa semuanya bakalan baik-baik aja. Percaya kalau saya pasti bisa dapat rumah yang lebih bagus, lebih gede dan harganya lebih murah. Trus percaya kalau saya tetap bisa pergi ke Belanda. Nggak cuma bisa ke Belanda malah tapi ke Eropa. Itu yang saya butuh sekarang, kepercayaan diri.

Hari ini saya mau nyelesaiin satu dari masalah saya yaitu ke Belanda. Saya mau telephone host family saya di Belanda hari ini. Saya mau tanyain, apa sih maunya dia sekarang. Kalau emang dia nggak mau saya jadi au pairnya ya mbok bilang tho. Bukannya bikin saya terkatung-katung selama 5 bulan nggak jelas begini. Sekarang saya berusaha untuk pasrah. Pasrah kalau memang saya nggak bisa pergi ke Belanda untuk saat ini. Tapi kalau masih ada sesuatu yang bisa saya usahakan, akan saya perjuangkan sampai titik darah penghabisan. Saya nggak akan nyerah.

Popular Posts