Finally... Legaaaa...

Kawaaaaaaannnsss, akhirnya saya dapet visanya. Hu hu lega, setelah sekian lama saya tunggu, tunggu, nanti, nanti, akhirnya bentar lagi saya bisa berangkat ke gerbang pengetahuan. Hayah... Tapi bener lho Eropa tu kan gerbangnya sejarah, kebudayaan, pengetahuan, pendidikan, de el el. Semua sudut kota di setiap negara-negara Eropa adalah sejarah, budaya dan pengetahuan. Dari mulai dari bangsa babylonia, Yunani, Romawi, dari mulai Victor Hugo, Sir Isac Newton, Leonardo Da Vinci, Gaudi mpe Shakespeare (heyeh bener ga ni spellingnya? Bodo ah)Eropa dibangun, dipercantik, dihias untuk menjadi sedemikian... apa ya kata yang tepat... megah, masyur,kaya, berkelimpahan, extraordinary... ya itulah pokoknya. Kalo kata Ibu Cantik " Sri liat betapa setiap arsitekturnya, setiap sudut kotanya memanggilku untuk datang". He he kalo gitu sorry ya bu saya duluan yang kesana.

Jadi ceritanya begini, hari Rabu kalo ga salah saya dapet kepastian dari Host dad saya kalo visanya dah confirm ke kedutaan Belanda yang disini, jadi saya dah bisa urus. Berhubung mereka ga da bukti tertulis jadi saya dikasi no visanya aja supaya embassy bisa cek. Akhirnya saya putusin buat berangkat hari Sabtu pagi ke Jakarta buat urus visa. Supaya bisa pacaran dong tentunya. Jadi Sabtu Minggu saya maen, hari Senin saya ambil visanya.

Tadinya saya masih males mau bilang sama bapak Ibu, bilang, enggak, bilang, enggak. Eh hebatnya ya, biar saya bilang "Mam aku mau ke Jakarta besok" si mamche ga nanya lho mau ngapain. nanyanya cuma "Udah beli tiket belom?" Gitu doang. Bapak apalagi ga nanya apa-apa juga. Yailah... Akhirnya sorenya saya nyogok si mamche (lagi suka manggil Ibu saya pake ini ni. Sambil mendoakan mami supaya cepet ceking, kurus maksudnya)tercinta pake mpek2 supaya mau nganter ke stasiun. Ujan-ujan males euy sendiri. Untung tiketnya masih dapet, duduk sendirian lagi, ih senang. Tadinya ya mau gaya ni, pengen naek kerta yang bagusan. Tapi mahal boo... yo oloh, naikin harga ga kira-kira. Akhirnya ya terpaksa kembali ke asal deh naek fajar. Malemnya waktu gi beres-bers dengan ga tega saya bilang "be besok Senin saya mau ambil visa. Trus nek jadi berangkat ke Belandanya di akhir bulan". Tapi kata babe " Oh ya" udah gitu doang, titik tanpa koma. Mamche saya..., diem aja tu. Sial...

Hari Senin saya nebeng si Jelek sampe ke Kedutaan, jauh banget boo... Sampe di kedutaan hu hu deg degan lho, kayak mau wawancara kerja aja. Pas masuk sama petugasnya ditanyain "mau apa mbak?", "ngurus visa pak" jawab saya. " MVV bukan?" tanya bapaknya. MVV apaan ya? Dasar sok tau saya jawab aja "Bukan pak". "Udah bikin appointment? No berapa?" Eh eh... mang pake janjian dulu ya? "Memang harus pake janji dulu ya pak?" "Iya harus pake janji, belum buat janji?" (Garuk garuk kepala, nyari kegiatan biar ga keliatan malunya) "Belom pak, bikin janjinya gimana?".

Akhirnya si bapak terangin deh tu, janjiannya nanti telephone ke no ini (kok ga langsung aja ya? Kan saya dah nyampe embassy), yang dibawa paspor, kopinya, bukti asuransi, mesti bayar segini, cash. Nah loo.. kok pake bayar "pak kalau visa saya udah diurus di sana gimana pak?" Tanya saya berharap mudah-mudahan ga bayar. "Nggak mungkin mbak" waduuhh... "Lha kan tadi mbak saya tanya MVV bukan?" tanya bapaknya galak. He he he ketauan deh nggak dong "MVV apaan ya pak?" sambil garuk-garuk kepala, lagi. "MVV itu yang masa tinggalnya lebih dari 90 hari disana" Oh begincrong... "Lha iya pak saya tinggal lebih dari 90 hari" kata saya. "Nah kalo itu betul bisa diurus disana. Kalo itu mbak tetep isi formulir ini, tapi nanti pasti banyak yang kosong,tempel foto 3X4 trus bawa foto kopi paspor sama paspor asli. Bikin janji secepatnya biar cepet diurus".

Habis itu saya pulang dengan meratapi kebodohan saya. Kemaren Titin dah kasi tau sih kalau mesti bikin janji. Tapi waktu cek di website katanya kalo datengnya pagi ga perlu, jadi ya saya ga bikin janji deh. Tau gitu... jadinya saya di embassy ga lebih dari 10 menit, 5 menit doang kali. Na perjalanannya satu setengah jam.

Di rumah saya langsung buat janji buat hari Selasa jam 9.30. Rencananya saya mau naik bis aja kesananya. Biar si Jelek ga perlu anterin jauh-jauh. Toh gampang kok jalurnya, cuma naik 2 kali aja. Malemnya saya isi deh tu form dengan cepat dan tepat. Tapi kok banyak yang bingungin ya, nggak ngerti deh. Udah gitu saya lupa tanya alamat host parents saya sama no telephonnya juga. Duh satu kebodohan lagi deh... Mana udah terlanjur bikin janji lagi besoknya. Akhirnya saya email host dad saya, berharap dia baca dan langsung dibales. Jadi besok pagi-pagi saya buka email udah ada.

Besoknya waktu mau berangkat saya pinjem internet dulu ke pakde, tapi ternyata host dad saya belum bales hiks... Ya udah saya pake alamat kantornya host momnya aja yang ada di email. Biarin... mudah-mudahan bisa.

Sampe embassy saya langsung dibolehin masuk kali ini. Eh cepet lho ternyata... Tapi kok pada judes ya yang disana. Galak lebih tepat kali ya, tapi ga semuanya kok. Pak satpamnya sama yang jaga di depan baek-baek. Saya kayak orang udik deh disana, grogian gitu. Waktu dipanggil ke loket dokumennya malah ga kebawa, hayahh... Mpe Ibunya bilang "Dokumennya mana" dengan judes "Eh iya lupa" kata saya oon. Saya berasa di penjara deh, petugas konsulatnya (bener ga ya)duduk di dalam ruangan yang dibatesin kaca gitu kayak loket. Ada lubang yang cuma dipake untuk nyerahin dokumen. Kalo mau ngomong mesti angkat telphone disitu. Pokoe kayak narapidana di Amerika gitu kalo mau ketemu sama penjenguknya. Dokumen-dokumen saya disuruh masukin lewat lubang tadi. Saya udah bawa bukti medical check up saya sama surat2 legalisiran dan terjemahan bahasa belanda itu (yang ngurusnya mpe berjuta-juta itu loh), tapi ternyata eh ternyata ga perlu boo. Ditanyain aja enggak. Jadi yang perlu cuma kopi paspor, paspor asli sama formulir, doangggg... Tau gitu ngapain pake medical check up mahal-mahal, kan lumayan buat beli baju.

Prosesnya cepet lho ternyata ga sampe 10 menit dan ga pake wawancara. Muka saya mudah dipercaya kali ya. Ga mungkin boong. Si Ibunya blasteran bule cantik itu cuma bilang " Visa kamu sudah disetujui ya, sekarang akan saya terangkan ada 2 pilihan visa. Dengarkan baik-baik kalau tidak mengerti langsung tanya jangan menunggu lama-lama. Mengerti!" Trus saya kayak anak manis "Mengerti bu".

"Visa pertama kamu harus lapor di bla bla bla (lupa antara kepolisian atau Imigrasi ya, pokoknya lapor) dalam waktu 3 hari sampai di belanda tidak boleh lebih. Jangka waktu visa ini hanya 180 hari, mengerti?! Visa bisa diperoleh dalam waktu 2 hari atau hari ini Insya Allah jadi (Hah serius hari ini). Tapi kamu tidak boleh transit ke negara lain Jerman atau Belgia biarpun dekat. Harus beli tiket yang langsung ke Belanda, Mengerti!" Oh ini kali ya yang Meli bilang itu. Visum C?

"Yang kedua Visa C+D. Kamu bisa langsung pergi ke 24 negara Schengen dengan visa ini tapi selesainya baru nanti tanggal 26 Januari (Lamaaa...). Dan saat kamu mengambil visa kamu harus membawa bukti asuransi bla bla bla..." Saya cuma denger keterangan si Ibu bule cantik ini mpe situ doang, abis itu ga dengerin lagi. Abis udah nyempe di bagian asuransi saya malah asik mikir "Duh host parentnya dah siapin asuransi belom ya?" Akhirnya dengan mantep-mantep bego karena ga dong spechless kosong ga ngerti meh nanya apa, saya pilih aja yang pertama tanpa baca surat pernyataannya, bego-bego... Tar jangan mpe kayak saya ya. Tanyain semua-semuanya mpe jelas. jangan sampe terintimidasi sama bule cantik.

Akhirnya saya pulang sambil senyum-senyum, semua orang saya senyumin. Soalnya kata si bule cantik visa saya bisa diambil nanti jam 1.30 sampe 2.30. Senang... Tapi terus saya mikir, kalo visanya valid hanya untuk 180 hari berarti saya nggak bisa di Belanda sampe setaon dong, trus nanti saya bisa ke negara lain nggak ya? Padahal pengen negokin temen saya di Jerman. Haduh... haduh... gubrak... gabruk...

Nyampe rumah saya langsung email ke host mom saya dan nyeritain mengenai visanya. Trus siangan saya balik lagi ke embassy buat ambil. Nah pas ambil visa ni banyak banget alangannya. Pertama dari mulai mau berangkat udah ujan deres banget. Waktu mau pake payung eh tu payung menolak buat dipake. Pas dibuka bukannya ngebuka kebawah eh tu payung malah ngebuka keatas nadahin air ujan. Kesialan berikutnya adalah jalanan macet banget, ya ampyuunnn. Mana si angkotnya pake berenti isi bensi dulu lagi. Huh sabar-sabar... Trus waktu ganti bis, eh saya salah turun. Karena saya pikir tinggal deket lagi akhirnya saya jalan kaki. Tapi ternyata yailah masi 3 kiloan lagi kali ada. Trus saya naik bis apa aja yang lewat, saya pikir pasti lewat sana juga ni bis. Ternyata tu bis lewat jalan atas, ga lewat bawah jadi saya mesti turun sebelum bisnya naik. Karena bisnya buru-buru jalan, sweater saya nyentel di bis. And you know what? Saya ngejar-ngejar bisnya mau ngambil sweater saya. Sweater baru saya huk huk... Tadinya saya pikir yah dibawa deh, yah ya udah deh... Tapi ternyata sama keneknya dilempar tu sweater, ke jalan... kurang ajar. Untung jalanan macet. Biar tengsin diliatin orang, bodo amat ah.

Sampe embassy saya telat sejam. Loketnya dah tutup. Tapi saya bilang "Boleh nggak pak saya ambil sekarang, saya dari luar kota ni" he he... akhirnya boleh lho walaupun si bule cantik menegaskan "Sudah tutup ya harusnya setengah tiga tadi" He he he undertsand bu understand maap...

Tapi malemnya saya nggak bisa tidur mikirin kebodohan saya memilih visa. Pengen cepet-cepet pagi rasanya ngecek email dari host mom saya tentang visanya. Haduh bisa ga ya di extend, nek ga bisa gimana dunk?. Dan pagi harinya, setelah semalam tidur gelibak-gelibuk, host mom saya email trus dia bilang "It's oke Sri. We can always change the visa into C+D in the Netherlands" Yipiiiieee senang.

Popular Posts