Cari Pegawe, The Result...

Yuhuuu waktu kapan tu kan saya cerita tu kalau saya dimintain tolong buat nyariin pegawe buat di meat shop yang saya apply. Yang tadinya posisi itu buat saya trus saya nggak jadi itu lho. Saya kan nawarin ke temen saya tu. Pertama saya tawarin ke temen saya cowok, tapi ternyata bapaknya lebih prefer cewek. Nggak ngerti kenapa, katanya sih karena cewek lebih gampang diajarin. Ah masa iya...

Trus saya tawarin ke temen ubyang ubyung saya yang namanya bu Sarijem. Saya sih sebenernya nggak yakin dia mau waktu saya tawarin kerjaan ini ke dia. Soalnya dia pengen kerjaan yang kantoran gitu. Dan kerjaan ini kan lebih ke manage toko gitu ya dan tentunya akan banyak menguras tenaga, pikiran dan waktu tentunya. Untuk orang yang suka dengan tantangan dan pantang menyerah sih saya yakin banget pasti bisa. Na setau saya mbak Sarijem ini bukan orang yang suka dengan tantangan, sukanya yang pasti-pasti aja, kalao di kerjaan ya kalau bisa kerjaan yang ga riweh nuntut ini itu begini begitu. Pokoknya dia suka kerjaan yang datar-datar aja.

Dulu mbak Sari pernah kerja di jakarta, karena managementnya jelek trus dia resign dan pulang lagi ke Jogja. Sampai sekarang dia sama sekali nggak mau kerja di Jakarta lagi. Jadi kayak semacam trauma gitu lho. Saya takutnya di kerjaan ini juga begitu, pada saat dia nggak suka dengan pekerjaan, pimpinan atau kerjaannya yang berat dia bakalan nyerah. Kan saya yang nggak enak sama GM yang minta saya nyariin orang.

Trus terang bapaknya sih agak nuntut dan maunya kerja cepet. Dia suka orang yang punya inisiatif dan ide-ide baru. Saya yakin kok kalau mbak Sari suka dengan kerjaan ini, dia juga pasti akan terpacu untuk mencari ide-ide baru. Tapi masalahnya adalah dia mantep nggak sama kerjaan ini. Saya sih bilang "pikirin dulu baik-baik, menurut saya kerjaan ini bakalan bikin kamu belajar banyak. Tapi kalau kamu nggak yakin, mendingan nggak usah apply" Saya nggak mau dia apply kerjaan ini hanya karena dia butuh kerjaan atau nyoba-nyoba aja. Saya tau si pak GMnya bener-bener pengen orang yang serius mau belajar, jadi saya pengen temen saya itu mantepin dulu. Saya juga bilang "Pikirin baik-baik kamu maunya apa, mau kerja di bidang apa, kalau kamu udah mantep, udah yakin mau kamu apa pasti akan ada jalannya. Jangan karena temen kamu bilang untuk terima kerjaan yang saya tawarin ini trus kamu terima padahal kamu nggak yakin".

Saya sih ngomong gitu berdasarkan pengalaman aja. Waktu saya nganggur saya banyak dapet info dan tawaran kerjaan dari temen-temen saya, tapi mungkin karena saya nggak yakin saya nggak dapet satu kerjaan itu. He he... maap agak kepedean, abis saya yakin sih mereka nggak terima saya bukan karena saya nggak oke. Tapi beneran deh, saya sih ngerasa ya pada saat saya mantep untuk menjalani satu hal, semua jalan tu pasti terbuka buat saya. Yang tadinya nggak ada jalan untuk bisa masuk di kerjaan itu, eh jadi ada jalan. Biarpun tadinya saya ngerasa nggak mungkin keterima, tapi ternyata saya bisa tu.

Setelah saya kasih waktu untuk mikirin baik-baik tawaran saya itu, akhirnya dia masukin lamarannya. Dia bilang sih udah dipikirin bener-bener. Mudah-mudahan beneran dipikirin ya, bukan karena interfensi orang lain. Dan hasilnya adalah bulan ini dia bakal bisa langsung kerja. Fiuhh... ikut senang... saya bener-bener berharap dia bakalan menikmati kerjaan ini, nggak terpaksa. Jadi saya bilang deh "Don't let me down ya, everytime you give up just remember the days when you're looking for a job".

Popular Posts