And The Journey Begins...

Nanti malem adalah saat-saat yang saya tunggu yaitu akhirnya saya berangkat juga ke Belanda, yihaaa... Saya naik KLM Royal Dutch penerbangan 7.25 pm dari Soekarno Hatta. Duh deg degan nih... Saya sih ngerasa agak kelainan ya. Soalnya saya kan dah nunggu-nunggu tu dari jaman kapan untuk bisa keluar negeri. Tapi giliran mission accomplish, impian tercapai, my dream comes true eh kok rasanya biasa aja. Saya nggak merasakan euforia yang berlebihan gitu. Nggak yang senengggggg banget pengen loncat-loncat, pengen nari atau apa. Malah waktu pertama kali saya dapet visa saya lebih seneng dari ini. Kayaknya masih bener-bener percaya kalau akhirnya saya bisa beneran pergi juga.

Seminggu kemaren adalah saat yang agak-agak ribet menurut saya. Begitu saya pulang dari Jakarta abis ngurusin visa eh saya dapet kabar kalau simbah sakit. Ternyata mbah harus masuk rumah sakit hari itu juga. Jadi karena saya satu-satunya keluarga terdekat yang pengangguran, saya mesti jagain simbah tiap hari. Duh jagain orang sakit ternyata malah bikin badan ikutan sakit ya. Rasanya badan ikutan nggak sehat gitu. Padahal saya mesti jaga kondisi karena minggu depannya saya udah mesti berangkat. Saya juga baru packing-packing sehari sebelum berangkat. Baru bisa beli oleh-oleh dan segala macemnya di hari itu. Karena nggak ada yang anterin belanja akhirnya saya pergi sendiri untuk beliin host family saya oleh-oleh. Duh padahal badan rasanya nggak fit banget, tapi tetep aja saya mesti pergi. Saya milih naik trans Jogja aja biar enggak perlu berpanas-panas kemana-mana naek motor. Tapi ternyata eh ternyata bisnya penuh banget. Sepanjang perjalanan dari rumah sakit menuju ke Malioboro saya nggak dapat tempat duduk. Nasib ya nasib... mana mesti mampir-mampir lagi.

Berhubung saya ngerasa nggak kuat kalo mesti ngiter-ngiter ke banyak toko akhirnya saya cuma datengin satu toko aja. Terserahlah harganya lebih mahal, yang penting dapet oleh-olehnya. Mana saya kan orangnya bingungan, bingung mau beliin apa. Pengen beliin host mom saya tas tapi tar cukup ga ya kopernya, pengen beliin candi-candian yang beneran dari batu, tapi tar kalo over load gimana. Beliin gamelan, tapi kok mahal ya, pengen beliin miniatur becak, sepeda ma dokar tapi mahal dan berat, pengen beliin baju buat Robin ma Bodie tapi dah capek rasanya milih-milih lagi. Akhirnya setelah beberapa jam ngiter-ngiter disitu aja nggak jelas saya beliin wayang-wayangan buat host family saya, beli miniatur Harley Davidson yang keren banget dari kayu yang nggak tau buat siapa (harganya murah boo, cuma 11.500 rupiah doang, makanya saya beli) beliin hiasan dinding yang gambar ukiran dokar dari semacam batu gitu buat Omi ma Opi dan beliin asbak candi Prambanan buat Wimmie ma Ari, adeknya host fam saya.

Hari Minggunya saya masih sempetin buat ke tempat mbah saya yang dari bapak buat pamitan. Saya dikasih kebayanya mbah yang udah ga dipake. Yihiii lumayan buat gaya pake kebaya di negeri orang. Trus abis itu nengokin mbak lagi ke rumah sakit. Saya sempet kesel sama mbah yang biarpun sakit, neng jiwa mengaturnya masih kental sekali. Tadinya mbah nyuruh saya buat nyari sisir kulit penyu buat saya bawa. Trus tiap saya ada apa-apa di Belanda nanti saya disuruh sisiran pake sisir itu. Saya tetep disuruh nyari ni biar saya dah bilang sisir kayak gitu nggak ada. Tapi kami sempet tangis-tangisan lho, gara-gara mbah ngasih saya uang buat jaga-jaga. Saat itu saya baru sadar betapa sayangnya mbah sama saya. Biarpun cerewet, biarpun tukang ngatur tapi saya tau mbah sayang sama saya. Tapi saya bilang ke mbah "nggak usah mbah uang saya dah cukup". Tapi mbah maksa "Aku ki ngerti kowe wis dhuwe duit tapi iki simpeno, nek kapan-kapan kowe butuh simpenen". "Tapi kan mbah mesti bayar buat biaya rumah sakit" kata saya sambil nahan tangis. "Iki kan wis ono le mbayar" kata mbah. Yah mbah, mbah nggak tau sekarang lagi pada ribut gimana caranya bayar rumah sakit yang dah puluhan juta itu. Tapi akhirnya uangnya saya terima. Tinggal nanti saya transfer balik buat bantuin bayar biaya rumah sakit.

Hari Seninnya saya packing-packing sama si Jelek. Kerasa banget deh gimana tergantungnya saya sama si Jelek. Saya terlalu keenakan kalau apa-apa ada dia. Semua hal pasti beres. Lha wong kalau packing aja jatohnya lebih rapi kalau dia yang nata. Semua barang bisa masuk dengan sukses ke koper. Nah masalahnya adalah saya cuma bisa bawa barang ga lebih dari 20 kilo, sementara barang-barang saya sampai 25 kilo sendiri. Duh bingung deh mana yang harus dikurangi. Saya emang bawa sweater banyak banget, tapi saya kan orangnya nggak tahan dingin, jadi tar saya pasti bakalan pake jaket dan sweater dobel-dobel. Celana panjang juga cuma bawa sedikit kok. Kaos saya juga tipis-tipis ga ngaruh kalao dikurangin. Akhirnya dengan terpaksa saya mesti ngurangin celana jins saya, satu sweater saya, dan oleh-oleh yang buat omi-opi ma Ari Wimiie hiyaaaa... Padahal nyari oleh-olehnya aja butuh berjam-jam eh jadinya malah ga kebawa. Abis kalau saya kurangin yang titipan temen saya yang beratnya hampir 2 kiloan itu kan nggak enak. Saya kan dah dipasrahi, jadi ya tetep saya masukin. Yah ga pa pa deh...

Nah sekarang saya sedang berusaha untuk memulihkan kondisi badan nih. Abis sejak dari jagain mbah di rumah sakit perasaan badan saya nggak bertambah fit. Saya dah pake jaket ni di siang bolong, udah minum teh panas mulu tiap kali, makan juga yang berkuah dan panas-panas kayak soto gitu tapi kok ya nggak ngaruh ya. Hodohhhh...

Popular Posts