Menunggu... sampai kapan ku harus menunggu

Paling males deh kalau saya mesti nunggu. Tapi ironisnya ya, saya orang yang suka bikin orang nunggu. Saking pemalesnya saya, saya itu nggak pernah on time kalau janjian sama orang. Tapi saya tetep aja males kalau disuruh nunggu.

Kayak sekarang ni, saya kan lagi ikut program au pair. Au pair ini adalah semacam baby sitter tapi berasal dari negara-negara lain. Katanya sih ini seperti pertukaran budaya. Soalnya nanti para au pair itu bisa sambil belajar bahasa dan kebudayaan di negara tempat au pair itu akan tinggal dan bekerja. Dan keluarga dimana au pair tinggal juga bisa belajar kebudayaan au pair tersebut. Semua biaya sudah ditanggung dari mulai asuransi, makanan, biaya hidup, kursus bahasa de el el. Au pair juga akan dapat uang saku disana, bukan gaji lho soalnya au pair itu dianggap bukan pekerjaan. Istilahnya sih belajar budaya sambil membantu keluarga yang punya anak kecil. Ah kalau di Indoneisa mah tetep aja itu sebutannya pembantu alias asisten rumah tangga.

Saya ikutan program ini soalnya keinginan saya keluar negeri nggak kesampaian-kesampaian. Padahal pergi keluar negeri sudah jadi obsesi saya, sudah bukan mimpi lagi. Saya pikir dari pada saya nunggu dapet beasiswa yang nggak tau kapan bakal dapet, karena emang nggak nyari juga, mendingan saya biayain diri saya sendiri aja buat kesana. Tadinya saya sama sekali nggak kepikiran buat ikut program ini. Selain karena biayanya yang mahal, saya juga ngerasa program ini sama dengan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga. Gengsi dong...

Tapi teman-teman saya yang ikutan program ini lumayan banyak juga. Jadi setelah saya pikir-pikir, saya putusin deh ikut program ini juga karena sepertinya aman. Lumayan kok saya bisa tinggal diluar negeri selama setahun dan segala biaya ditanggung. Saya nggak cuma liburan yang ngabisin duit, tapi juga dapet duit. Toh sekarang saya udah kerja, saya bisa biayai keberangkatan saya sendiri tanpa harus nyusahin orang lain dan pakai uang hasil ngutang sana sini.

Dulu saya pikir jadi au pair itu gampang. Nggak ribet, nggak perlu tes macam-macam. Pokoknya asal sudah ada uang untuk biaya agentnya aja, saya sudah pasti bisa keluar negeri. Eh... tapi ternyata nggak segampang yang saya kira lho. Tetap aja saya mesti nunggu. Nunggu dokumen-dokumen jadi, kayak SKCK, Surat Keterangan belum nikah, agreement, berbagai form ynag harus saya baca dan tanda tangan, foto-foto dengan keluarga dengan anak-anak, banyak deh... Begitu dokumennya semua jadi dikirm ke negara tempat kita akan kerja, eh nunggu lagi, sekarang nunggu dapet keluarga. Begitu keluarga dapat, nunggu lagi ditelphone keluarganya. Begitu keluarga udah telphone trus ngerasa oke sama kita, eh mesti nunggu lagi surat-surat kita diurus di negara itu untuk dapat visa. Sementara saya juga masih harus nunggu SKCK, Ijasah, Surat Keterangan belum nikah dan akta diterjemahin dan dilegalisir di departemen-departemen terkait. Aduhhhh...

Waktu yang saya habiskan cuma untuk nunggu program ini ada kali satu tahun. Dan sekarang saya masih nunggu surat-surat saya di Indonesia dan telex visa di negara tempat saya kerja nanti jadi. Lama bangetttt... Nggak sabar rasanya. Soalnya saya nggak bisa ngelakuin apa-apa gitu supaya keberangkatan saya bisa dipercepat. Kalau saya bisa mengusahakan sesuatu pasti saya nggak bakal segini sebelnya. Sementara sekarang saya nggak dapat kabar sama sekali udah sampai mana dokumen itu dan kapan dokumennya jadi. Aduhh tambah sebel...

Lebih sebel lagi kalau orang-orang yang tau kalau saya ikut program ini sudah cerita kemana-mana kalau saya mau pergi. Saya kan malu kalau nantinya nggak jadi pergi. Mudah-mudahan sih jadi, tapi saya terbiasa untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan yang terburuk. Jadi kalaupun nggak jadi, saya nggak begitu kecewa. Tapi malesnya kalau orang-orang yang udah dapat kabar-kabar burung itu menanyakan "lho katanya mau keluar negeri? kapan? jadi nggak sih?" Dalam hati saya dongkol "Ini juga lagi diusahain!". Soalnya kalau orang-orang itu denger kabar dari orang lain lagi, saya suka nggak tau ceritanya seperti apa. Biasa kalau nggak dengar dari saya langsung kan suka ditambahin bumbu sana-sini.

Tapi sekarang sih saya udah nggak peduli dengan omongan orang. Sifat saya nggak nggak pede ini bikin saya sering ngedrop sendiri kalau dengar omongan orang tentang rencana-rencana saya. Soalnya kebanyakan pasti bakalan ngeraguin kemampuan saya. Jadi mendingan masuk telinga kiri keluar telinga kanan deh. Saya nggak peduli mereka komentar apa.

Popular Posts