Berlin... Reunian di tengah dinginnya orang-orang Jerman

Sebenarnya ini cerita saya sudah dari kapan tau waktu saya pergi ke Jerman mengunjungi teman saya yang tinggal disana. Yah berhubung saya ini angot-angotan, kadang rajin kadang malas ngeblog, jadi baru sekarang saya tulis. Lagi pula saya sedang punya misi, jadi saya akan rajin kembali ngeblog. Nah kenapa tulisan saya kali ini saya beri judul begitu, karena kali ini saya mau ngegosipin orang Jerman. Duh maaf-maaf ya, sebenarnya sih kalau yang jelek-jelek mah harusnya nggak usah saya ceitain kali ya. Tapi berhubung menurut saya certa saya bakal lebih menarik kalau ada bumbu gosipannya, jadi saya beri judul begitu.

Jadi begini ni ceritanya, bulan Mei yang lalu saya mengunjungi teman SMA saya di Berlin. Tadinya saya nggak ada tu niatan untuk kesana. Kan saya pelit jadi saya suka pusing kalau harus pergi-pergi yang butuh uang banyak. Tapi berhubung host family saya mau pergi sekeluarga ke Turki, jadi saya bakalan tinggal di rumah selama seminggu. Tadinya saya sudah bersuka cita tuh, yes saya jadi penguasa rumah selama seminggu. Tapi berhubung saking sayangnya mereka sama saya, sampai-sampai nggak tega ninggal saya pergi jadilah saya dititipkan di tempat omi opi (orag tua host mom saya). Lha ya kalau saya tinggal sama mereka sama aja bukan liburan dong namanya, saya tetap harus bantu-bantu omi opi dirumah. Ya mending saya pergi liburan.

Jadi mulailah saya cari-cari tiket murah untuk ke Berlin. Saya ajak teman SMA saya juga yang tinggal di Belanda. Jadi sekalian biar kami bertiga bisa reunian begitu. Singkat kata singkat cerita, jadilah kami berangkat ke Berlin dengan kereta Highspeednya Belanda. Berhubung kami cari kereta yang paling murah, jadilah kereta yang kami naiki adalah kereta biasa yang berhenti disetiap kota nggak peduli kota itu kecil atau besar. Jadi waktu tempuh dari Amersfort ke Berlin saat itu adalah sekitar tujuh jam.

Eh iya ada cerita, saya hampir ketinggalan kereta lho. Gara-garanya adalah waktu itu di tulisan tiketnya saya harus check in di Amersfort. Jadi dari stasiun Schipol saya harus ke Amersfort dulu untuk naik kereta ke Berlin. Saya sudah cek tuh saya harus naik kereta yang jam berapa untuk sampai tepat waktu di Amersfort. Saya jalan dengan santai ke platform, karena saya pikir saya masih punya beberapa menit. Pas sampai di platformnya sesuai dengan petunjuk, saya bingung... lho kok di papan pengumuman tulisannya bukan jurusan ke Amersfort. Nah saya naik lagi ke atas untuk cek jadwal keretanya, betul kok platformnya yang itu. Tapi kok jurusannya bukan ke Amersfort ya. Trus saya turun lagi kebawah, saya pikir oh mungkin kereta yang berikutnya. Nah setelah kereta itu jalan saya tunggu kereta barikutnya yang saya pikir ke Amersfort. Tapi tulisan di papan tetap bukan jurusan yang ke Amersfort. Haduh... mulai bingung lagi saya, soalnya telat beberapa menit saja saya pasti sudah terlambat sampai ke Amerfort untuk naik kereta yang ke Berlin. Akhirnya saya lari-lari ke bagian informasi tanya kereta berikutnya yang berangkat ke Amersfort. Saya diberi jadwal kereta berikutnya adalah kereta ke Jerman yang lewat ke Amersfort. Saya pikir lho apa ini kereta saya yang ke Jerman ya, tapi kok berangkat dari Schipol. Sambil deg degan takut kalau saya bakalan ketinggalan kereta ke Jerman mau nggak mau saya naik kereta itu. Mudah-mudahan itu kereta saya yang ke Jerman, karena kalau nggak saya pasti bakalan ketinggalan kereta yang ke Jerman karena waktu saya sampai di Amersfort hanya kurang 2 menit dari waktu kereta saya ke Jerman berangkat. Nah karena saya pikir saya berangkat dari Amersfort, jadi saya pikir saya tetap harus bayar tiket kereta dari Schipol ke Amersfort, jadi saya sudah scan kartu abudement saya sebelum saya naik ke kereta. Saya terus kontak dengan teman saya yang menunggu di Amersfort. Pokoknya kalau itu bukan kereta yang harus saya naiki, saya harus siap-siap jadi atlet lari saat pindah platform. Eh ternyata betul itu kereta yang harus saya naiki untuk ke Berlin, dan memang kereta itu berangkat dari Amsterdam. Sialll... Bukannya saya bego karena saya ga tanya petugasnya lho, saya udah tanya kok tapi jawaban mereka tidak memuaskan jadi malah bikin saya bingung. Nah masalah pertama selesai, saya nggak ketinggalan kereta dan saya berhasil ketemu teman saya. Nah tapi masalah kedua adalah saya sudah terlanjur scan kartu abudement saya untuk check in, yang artinya saya harus check out lagi dengan scan kartu abudement saya. Saya pikir gampanglah nanti saya bisa turun sebentar untuk check out waktu di Amersfort. Tapi ternyata eh ternyata nggak bisa karena alat scanner di Amersfort adanya di pintu keluar stasiun bukan di sebelah rel kereta seperti di Schipol. Jadi dalam waktu 2 menit kereta berhenti saya harus lari keluar platform mencari pintu keluar stasiun yang adanya di lantai bawah, matilah... Kalau saya nggak check out bisa bangkrut saya, masak saya harus tunggu pulang dari Berlin bisa-bisa uang dalam kartu saya langsung minus. Jadi mau nggak mau saya harus tetap scan. Karena nggak mungkin scan di Amersfort jadi saya tunggu sampai stasiun berikutnya. Sambil berdoa mudah-mudahan alat scannya ada di samping rel. Tapi enggak lho tetap sama kartu scannya ada di pintu keluar. Jadi mau nggak mau saya harus jadi atlet lari, mulai dari kereta hampir berhenti saya sudah ambil ancang-ancang. Begitu pintu kereta terbuka saya langsung lari sekencang kencangnya, sampai-sampai saya nggak memperhatikan kereta saya ada di platform berapa ya?! Begoooo dasar... Jadinya waktu saya harus balik ke kereta saya bingung kereta saya yang mana. Sampai-sampai saya nyasar ke platform sebelah padahal saya harus lari naik tangga. Untung nggak ditinggal kereta,nasib nasib nyenengin amat ya hidup saya.

Nah kami sampai di Berlin sudah cukup malam. Teman saya SMA, Dita namanya, sudah menunggu kami di stasiun yang besarnya mengalahkan bandara Schipol. Setelah sekian lama nggak pernah ngumpul-ngumpul, eh ngumpul lagi malah di negeri orang. Bahkan waktu kami sama-sama masih kuliah di Jogja saya malah sama sekali nggak pernah ketemu teman saya ini. Aneh ya, mungkin karena sama-sama sedang merantau di negeri orang rasa kebersamaannya jadi lebih besar. Bahkan biarpun tinggal di beda negara pun dengan suka rela saling berkunjung. Tapi ada banyak hal yang berubah dari teman saya ini, dulu yang biasanya setiap ketemu selalu cengengesan sekarang sudah jauh lebih dewasa dan agak lebih judes, ha ha... Waktu saya tanya kenapa dia jadi streng begitu, dia jawab karena tinggal di Berlin menuntut dia untuk bersikap jauh lebih galak. Dita cerita terkadang orang Jerman agak tidak begitu ramah terhadap orang asing. Contohnya saat setiap pagi dia berjalan-jalan dengan bayinya sambil membawa kereta dorong, jarang ada yang membantunya saat dia harus naik atau turun tangga. Bahkan saat ini minta tolong pada orang yang lewat mereka lebih banyak kura-kura dalam perahu, pura-pura tidak tahu. Jadi pura-pura budek aja gitu, kalau nggak pura-pura nggak liat ada ibu-ibu pake kereta bayi minta tolong. Saya sih maklum, mungkin kalau bantuin angkat kereta dorong naik turun tangga capek kali ya. Tapi ternyata nggak cuma buat bantuin angkat naik turun tangga aja mereka nggak mau, kalau naik lift di stasiun juga mereka nggak pernah mau ngeduluin yang bawa kereta bayi. Padahal jelas-jelas ada gambarnya kalau lift itu hanya diperuntukkan untuk orang-orang cacat atau yang bawa kereta bayi. We lha piye tho? Bahkan saat Dita kesulitan ngeluarin kereta bayi dari trem atau metropun jarang ada yang mau bantuin. Wudihhh... sibuk bener kali ya mereka. Sudah begitu saat Dita ikutan kelas yoga, dan berusaha mengajak ibu-ibu lain yang ikut kelas itu ngobrol, mereka pura-pura nggak ngerti Dita ngomong apa. Mungkin mereka dengernya Dita ngomong pakai bahasa planet kali ya bukan bahasa Jerman. Nah cerita yang lain, orang Jerman ini saking taatnya sama peraturan jadi sampai suka banget ngelaporin segala hal yang tidak mentaati peraturan. Contohnya, kalau ada mobil yang parkir tidak pada tempatnya, mereka akan dengan suka rela melaporkan yang punya mobil sama petugas dinas. Nah teman saya ini juga ketularan deh tu taatnya, sampe kalau ada anjing yang pup sembarangan, dia telephone deh tu petugas dinas kalau ada anjing yang pup sembarangan. Pokoknya asli deh teman saya ini jadi agak berubah. Dodol sih masih sama ya, tapi judesnya itu lho nggak nguatin. Dulu ya teman saya ini suka banget senyum, mau kenal kek mau enggak kek kalau ketemu sama siapa aja di jalan pasti deh dia senyumin. Nah sekarang kebayang dong mukanya jadi streng begitu, kagak ada deh ramah tamah di jalan kayak dulu. Mungkin karena sekarang sudah punya suami mungkin ya, kalau dulu kan sekalian tebar pesona.

Nah saya pikir sikap orang Jerman yang dingin ga pedulian itu adalah tipikal sikap orang-orang yang tinggal di kota besar. Di Jakarta aja cotohnya,sama aja kan sebenernya. Saya aja pas tinggal di Jakarta kalau ada orang asing senyum-senyum sama saya malah saya anggap aneh. "Ini orang gila kali ya senyum-senyum sendiri", begitu pikir saya. Atau kalau ada orang yang sok ramah ngajakin saya ngobrol saya bakalan berpikir "Waduh jangan-jangan abis ini saya mau dimintai sumbangan, pergi aja ah pura-pura nggak denger". Jadi sebetulnya apa bedanya coba saya sama orang-orang Jerman yang Dita temui itu. Saya nggak mau ngebandingin sama orang lain lho ya, saya bandinginnya sama diri saya sendiri ajalah.

Eh tapi nggak boleh ah menyamaratakan semua orang Jerman begitu, nggak baik. Waktu di bis ada kok ibu-ibu yang ramah. Tapi maaf ya, kami ketemu ibu-ibu yang ramahnya cuma satu itu aja. Apesnya saya sama teman saya yang satu lagi ngalamin kejadian yang ga ramahnya. Jadi ceritanya waktu itu kami bertiga sedang asyik ngobrol ni di jalan sambil ketawa-ketawa. Waktu itu kami jalan di emperan toko seperti Malioboro yang jalannya sempit dan penuh orang. Nah kalau kami nggak hati-hati jalannya kami bakalan sering senggol-senggolan dengan pejalan kaki yang lain. Kalau cowok ganteng yang sedang jalan sih memang sengaja saya sengol, he he he... Nah berhubung kami sedang serunya-serunya ngobrol, saya sampai nggak merhatiin jalan sampai saya nubruk bapak-bapak yang badannya gede tinggi kayak raksasa. Saya sudah bilang sorry tuh, tapi entah karena dia pikir perbuatan saya adalah kejahatan tingkat tinggi karena saya udah nabrak dia eh dia jalan sambil ngomel-ngomel. Berhubung saya kagak dong dia ngomong apa jadi saya sih sebodo teing deh dia ngomong apaan. Mungkin dia bilang gini kali ya "Jalan pake mata dong, jangan pake kaki. Masak badan segede boto ijo begini masih nggak kelihatan juga !" Nah lho!

Nah trus saat kami bertiga sedang asyik asyik ngbrol sambil jalan lagi, kami melewati ibu-ibu tua. Berhubung ibu-ibu itu jalannya lama jadi kami ngeduluin ibu-ibu itu. Eh tapi entah kenapa ya, itu ibu-ibu ngomel gak jelas. Dita yang bisa bahasa Jerman bingung itu ibu-ibu ngomel kenapa sama kami. Lho sama kami tho ngomelnya ?! Saya jadi ikutan bingung. Nah karena dua kejadian itu dan ditambah lagi(saya yang nambah nambahi) bos saya dulu orang Jerman yang modelnya begitu juga, suka ngomel gak jelas, Saya jadi mikir lha ini tipikal orang yang tinggal di kota besar atau memang tipikal orang Jerman ya. Wah maaf lho bukannya mengeneralisasikan, saya juga nggak suka kalau orang indo digeneralisasikan kalau ada yang jelek-jelek. Tapi itu kan hanya hasil pemikiran saya yang tidak berkesimpulan lho. Jadi Jerman people, peace ! Jangan sering-sering ngambek ah, tambah ganteng lho tar.